BANNER KPU
HONDA

Pemkab Rejang Lebong Siapkan Rp1,7 Miliar untuk Program Umroh Gratis 2023, 50 Jamaah Bakal Diberangkatkan

Pemkab Rejang Lebong Siapkan Rp1,7 Miliar untuk Program Umroh Gratis 2023, 50 Jamaah Bakal Diberangkatkan

Pemkab Rejang Lebong Siapkan Rp1,7 Miliar untuk Program Umroh Gratis 2023, 50 Jamaah Bakal Diberangkatkan--badri/RB

CURUP, RAKYATBENGKULU.COM - Anggaran program umroh gratis bagi perangkat agama berprestasi, Dai hingga warga yang berprestasi dan memiliki kontribusi bagi Pemerintah Daerah Kabupaten Rejang Lebong Provinsi Bengkulu senilai Rp1,7 miliar dalam APBD Perubahan 2023.

Kepala Bagian Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Sekretariat Daerah Kabupaten Rejang Lebong, Herwin Wijaya Kusuma menuturkan program umroh gratis baru 2 tahun ini dilakukan karena saat pandemi covid 19 program ini tidak ada.

"Sama seperti tahun sebelumnya 50 orang dari perangkat agama, Dai hingga warga berprestasi yang akan mengikuti seleksi kompetensi untuk diberangkatkan dalam program umroh gratis," ungkap Herwin saat dibincangi rakyatbengkulu.com, Kamis 2 Nopember 2023.

Dikatakan Herwin anggaran umroh gratis ini tertuang dalam anggaran pendapatan dan belanja daerah perubahan (APBD-P) tahun 2023 senilai Rp1,7 Miliar.

BACA JUGA:Alfa Tours & Travel Berangkatkan 76 Jemaah Umroh

"Penyampaian berkas perangkat agama, dari hingga warga berprestasi bisa lewat kecamatan masing-masing. Kemudian berkas ini akan diteliti dan melewati uji kompetensi untuk menentukan kelayakan meraih program umroh gratis," terangnya.

Program umroh gratis ini merupakan visi dan misi pemerintah daerah. Namun, saat pandemi covid 19 program ini tidak bisa dilakukan.

"Tahun 2022 kemarin 50 Peserta diberangkatkan begitu juga tahun ini. Sedangkan untuk tahun 2024 mendatang program umroh gratis ini tetap diusulkan," tambahnya.

Sementara itu peserta program umrah gratis ini, diperkirakan berangkat pada Desember 20203 mendatang karena setelah APBD-P berjalan akan dilakukan penjaringan calon anggota jamaah umrah yang berhak mengikutinya, vaksinasi meningitis, kemudian pengurusan paspor dan lainnya.

BACA JUGA:Pemerintah Terus Upayakan Haji dan Umroh Dibuka Kembali

Kalangan masyarakat yang akan mengikuti program umrah gratis ini sama dengan tahun-tahun sebelumnya yakni berasal dari perangkat desa/kelurahan, masyarakat berprestasi yang diusulkan oleh 15 kecamatan di Rejang Lebong.

"Berkas usulan dari kecamatan ini nantinya akan kita verifikasi di tingkat kabupaten, peserta yang diusulkan ini akan mengikuti seleksi kompetensi oleh tim berkompeten seperti organisasi Islam, akademisi dari IAIN Curup dan lain-lain," demikian Herwin.

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: