HONDA

Honda Bikers Day 2023, Sarana untuk Mendukung Pertumbuhan UMKM

Honda Bikers Day 2023, Sarana untuk Mendukung Pertumbuhan UMKM

Sarana untuk mendukung pertumbuhan UMKM lewat event Honda Bikers Day 2023.--ANTARA/Ahmad Faishal

MALANG, RAKYATBENGKULU.COM - Acara besar Honda Bikers Day (HBD) 2023 yang diselenggarakan di Lapangan Rampal, Kota Malang, Jawa Timur pada Sabtu, bukan hanya menjadi momen kebersamaan bagi para pecinta motor Honda, namun juga menjadi kesempatan emas untuk mendorong perkembangan Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM).

"Dalam setiap pelaksanaan HBD di berbagai kota, kami menemui keunikan tersendiri. Destinasi wisata dan kekayaan kuliner lokal menjadi daya tarik tersendiri di setiap tempat. Untuk tahun ini, kami juga memberi peluang kepada para pelaku UMKM," ungkap Bayu Satya Wijaya, Manager Departemen Komunitas PT Astra Honda Motor (AHM) dikutip antaranews.com.

Bayu menjelaskan awalnya, partisipasi UMKM dalam HBD 2023 hanya terbatas pada masyarakat lokal. Namun, konsep ini berkembang dengan melibatkan komunitas Honda yang memiliki bisnis sendiri, terutama ketika pandemi COVID melanda. Banyak komunitas motor Honda yang mulai menjalankan usaha mandiri.

BACA JUGA:Promo Menarik Boombastis 10.10, Pembelian Motor Honda Makin Hemat!

"Oleh karena itu, kami menyediakan lapak bagi mereka di area bikers. Dengan demikian, HBD tidak hanya membangkitkan semangat UMKM lokal, tetapi juga membina dan mengembangkan bisnis teman-teman dari komunitas. Jumlah mereka pun semakin bertambah. Jika sebelumnya hanya aksesoris, sekarang ada yang menjual pakaian dan berbagai produk lainnya," tambah Bayu.

Honda Bikers Day tidak hanya merupakan acara kumpul-kumpul dan saling bersilaturahmi, tetapi juga menyuguhkan beragam kegiatan menarik.

Para peserta HBD dapat menikmati berbagai permainan seru yang mempererat tali persaudaraan melalui berbagai games perorangan maupun kelompok, pameran penjualan aksesori resmi, produk sepeda motor Honda, test ride sepeda motor Honda, pertunjukan musik, hingga kontes modifikasi.

BACA JUGA:Dapatkan Promo Menarik di Bengkel AHASS, Hemat Biaya Perawatan Motor Honda Anda!

Selain itu, dalam rangka HBD nasional di Malang, para bikers juga berkontribusi dalam kegiatan sosial. Mereka memberikan tenda kepada UMKM setempat untuk mendukung usaha mereka di sekitar Lapangan Rampal.

Selain itu, perwakilan komunitas Honda dari berbagai provinsi turut serta dalam gerakan pelestarian budaya dengan membersihkan area Candi Singosari dan menambah jumlah tempat sampah.

Sebelumnya, Honda Bikers Day pertama kali digelar di Pangandaran, Jawa Barat (2009), dan terus berlanjut ke berbagai lokasi menarik di seluruh Indonesia, termasuk Kiara Payung-Jatinangor Sumedang, Jawa Barat (2010), Bromo-Pasuruan, Jawa Timur (2011), Komplek Candi Prambanan, Yogyakarta (2012), Tanjung Tum-Banten (2013), dan Pantai Pandawa-Bali (2014).

BACA JUGA:Tawaran Spesial untuk Motor Bebek Honda, Promo Oktober Ringan Angsuran!

Tradisi ini terus berlanjut hingga ke Pantai Teleng, Pacitan-Jawa Timur (2015) dan Pantai Boom, Banyuwangi-Jawa Timur (2016), Landasan Udara Gading, Gunung Kidul, Yogyakarta (2017), Pangandaran-Jawa Barat (2018), dan Ambarawa, Jawa Tengah (2019).

Kesuksesan acara HBD di Kota Malang tahun ini tak terlepas dari dukungan berbagai pihak, termasuk dealer utama dan komunitas Honda dari seluruh Indonesia, UMKM di wilayah penyelenggaraan, sponsor, serta berbagai elemen masyarakat yang mendukung keberlangsungan acara yang memikat puluhan ribu pecinta sepeda motor Honda ini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"