HONDA

5 Pohon Kayu Indonesia yang Menghasilkan Wewangian Khas, Salah Satunya Disebut Pohon Kayu dari Surga

5 Pohon Kayu Indonesia yang Menghasilkan Wewangian Khas, Salah Satunya Disebut Pohon Kayu dari Surga

Salah satunya disebut pohon kayu dari surga, 5 pohon kayu Indonesia yang menghasilkan wewangian khas.--Foto: Freepik.com/Bearfotos

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Indonesia negeri yang kaya dijuluki tanah surga, kaya akan berbagai macam jenis tanaman yang tumbuh.

Berbagai jenis ini banyak bermanfaat untuk kesehatan ataupun kehidupan manusia, yang salah satunya seperti wangi-wangian atau parfum.

Adapun untuk penggunaan tanaman sebagai sumber wangi-wangian ini telah ada dan digunakan sejak zaman dahulu.

Diketahui wangi-wangian ini bukan hanya berasal dari bunga-bungaan saja, tetapi juga dihasilkan dari kayu sebuah pohon yang menghasilkan bau harumnya yang khas.

BACA JUGA:Kayu Gadis, Adalah Kayu Eksotis dan Bertuah, Daunnya juga Menghasilkan Minyak Berkhasiat

Adapun berikut ini pohon yang kayunya diketahui mengeluarkan wangi-wangian yang khas, antara lain:

1. Pohon Cendana

Pohon cendana ini dikenal menghasilkan aroma wangi dan harum yang khas, pohon Cendana ini tumbuh di Indonesia, Malaysia, dan juga India. Adapun yang sering dimanfaatkan dari pohon cendana ini ialah kayu dan minyaknya.

Di Indonesia pohon cendana ini ditetapkan sebagai ikon flora yang berasal dari provinsi NTT, akan tetapi sayangnya pada saat ini keberadaan pohon cendana sudah mulai langka.

BACA JUGA:Kayu Gadis, Kayu Langka Asli Nusantara, Memiliki 12 Sebutan Nama yang Berbeda-beda

2. Pohon Gaharu

Diketahui nama Gaharu ini berasal dari bahasa Melayu atau dari bahasa Sanskerta aguru yang memiliki arti kayu berat. Dimana pohon Gaharu ini telah ada dari sejak zaman dahulu.

Pohon Gaharu ini telah digunakan oleh kalangan bangsawan ataupun masyarakat suku pedalaman yang ada di pulau Sumatera dan Kalimantan.

Adapun Keistimewaan dari kayu gaharu ini terletak di kandungan resinnya yang tinggi, Oleh Karena itulah banyak dimanfaatkan untuk industri parfum, kosmetik, dan juga obat-obatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: