HONDA

Dimaknai Sebagai Simbol Kewibawaan, Ini Khasiat Batu Akik Pandan Betawi

Dimaknai Sebagai Simbol Kewibawaan, Ini Khasiat Batu Akik Pandan Betawi

Ini khasiat batu akik pandan Betawi, dimaknai sebagai simbol kewibawaan.--Foto: Facebook/Permanastone

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pada masyarakat Betawi, batu akik pandan ini telah dikenal sejak dari ratusan tahun yang lalu.

Terdapat 3 versi berbeda yang menyebut asal-usul penamaan dari batu akik pandan ini. Pertama, nama pandan ini diambil dari struktur dari bentuk daun pandan yang lonjong atau oval. 

Diketahui bentuk batu akik oval ini sudah terkenal sejak zaman Belanda kemudian disebut akik pandan. Kedua dilihat dari warnanya yang identik keruh. Adapun yang ketiga berasal dari bahasa Belanda pendant, yang memiliki arti liontin.

Berdasarkan pada beberapa literasi menyebut jenis batu akik pandan ini dibedakan berdasar corak dan juga warna, antara lain pandan sutra, pandan nanas, pandan suji, pandan kapas, pandan merah, pandan sule, pandan rudal, pandan oli, pandan babon, dan juga pandan lumut semu.

BACA JUGA:Dijuluki The Queen of Gems, Batu Akik Kalimaya Ternyata Sudah Terkenal Sejak Tahun 30 Sebelum Masehi

Batu akik pandan ini mempunyai kualitas yang cukup baik, untuk tingkat kekerasannya bisa mencapai 7 skala mohs yang sama dengan batu akik jenis bacan.

Adapun keistimewaan batu akik pandan ini berdasarkan  kepercayaan yang berkembang pada masyarakat, dimana batu pandan diyakini sebagai daya tarik, pengasihan atau pemikat, sebagai penjaga keharmonisan dalam hubungan rumah tangga, dan juga dalam pertemanan.

Batu akik pandan ini juga diyakini sebagai media untuk pengobatan secara fisik, yang bisa untuk membantu meringankan beberapa jenis penyakit.

Seperti penyakit yang berkenaan dengan pencernaan, ginjal, paru-paru, asma, panyakit tulang dan lainnya.

BACA JUGA:Ini 13 Khasiat Batu Akik Biduri Bulan yang Diakui Beberapa Negara

Sudah sejak lama orang-orang Betawi sering memakai batu akik pandan ini berdasarkan kepercayaan tersebut, tidak hanya satu, namun bisa 3 sampai 8 cincin.

Di luar dari kepercayaan tersebut, batu akik pandan ini memiliki beraneka jenis dan warna yang sangat cocok untuk dijadikan berbagai perhiasan seperti mata cincin, kalung, liontin dan lain-lain.

Untuk masyarakat Betawi, batu akik pandan memiliki makna sebagai simbol kejantanan dan juga menambah kewibawaan bagi si pemakainya.

BACA JUGA:Tak Cuma Meningkatkan Kewibawaan, Batu Akik Ati Ayam Juga Diyakini Bisa Bikin Awet Muda

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: