HONDA

Meskipun Masih Menjadi Misteri, Diyakini Kerajaan Kandis Merupakan Kerajaan Pertama di Nusantara

Meskipun Masih Menjadi Misteri, Diyakini Kerajaan Kandis Merupakan Kerajaan Pertama di Nusantara

Diyakini Kerajaan Kandis merupakan kerajaan pertama di Nusantara meskipun saat ini masih menjadi misteri.--Foto: Facebook/Silahturahmispritualnusantara

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kerajaan Kandis pertama di Nusantara terletak di wilayah tengah dan barat pulau Sumatera, yang disaat ini merupakan bagian dari wilayah Provinsi Sumatera Barat, Riau, dan Jambi.

Kerajaan Kandis atau Kancil Putih diperkirakan berdiri sekitar abad ke-1 Sebelum Masehi. Kerajaan Kandis merupakan kerajaan tertua di Nusantara.

Keberadaan Kerajaan Kandis ini sebenarnya masih menjadi misteri, karena belum ada yang tahu serta minimnya informasi berapa lama pemerintahan Kerajaan Kandis ini berdiri.

Kerajaan Kandis diperkirakan berdirinya pada abad 1 SM, lebih dulu berdiri dari Kerajaan Moloyou atau Dharmasraya di Sumatera bagian tengah.

BACA JUGA:Membatik Sudah Ada Sejak Zaman Kerajaan, Ponorogo Surganya Pembatik, Seni Melukis di Atas Kain

Di dalam kitab Negarakertagama ada istilah Kandis yang disebut merupakan salah satu wilayah yang ditaklukkan Kerajaan Majapahit. 

Berdasarkan buku Pacu Jalur dan Upacara pelengkapnya karangan dari Suwardi Samin, diketahui Pendiri dari kerajaan Kandis ini merupakan keturunan Alexander Agung dari Makedonia yang mempunyai nama Maharaja Diraja.

Tertulis di situ ketika sampai di Sumatera, Maharaja Diraja ini mendirikan sebuah kerajaan yang kemudian dikenal dengan nama Kerajaan Kandis.

Selanjutnya Maharaja Diraja membangun istana megah di Bukit Bakau dengan nama istana Dhamna.

BACA JUGA:Benteng Terbesar di Bengkulu Ini Ternyata Jadi Rebutan 3 Negara Penjajah

Dharmaswara putra dari Maharaja Diraja mempunyai gelar Mangkuto Maharaja Diraja atau lebih dikenal dengan Datuk Rajo Tunggal yang melanjutkan tampuk kerajaan ayahnya selanjutnya.

Adapun kehidupan perekonomian dari Kerajaan Kandis ini dari hasil hutan seperti Damar, Rotan dan sarang burung layang-layang serta emas dan perak.

Daerah Kerajaan Kandis kaya akan emas, maka dari itu Datuk Rajo tunggal memerintahkan membuat tambang emas yang berada di bukit Bakar atau yang dikenal dengan Tambang Titah.

Datuk Rajo tunggal dikenal merupakan sosok Raja yang adil bijaksana, kerajaan Kandis pun mengalami puncak Kejayaan di masanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: