HONDA

Anda Pernah Stroke, Wajib Waspada! Ada Kemungkinan Berulang, Perhatikan Hal Berikut Ini

Anda Pernah Stroke, Wajib Waspada! Ada Kemungkinan Berulang, Perhatikan Hal Berikut Ini

Anda Pernah Stroke, Wajib Waspada! Ada Kemungkinan Berulang, Perhatikan Hal Berikut Ini--dok/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bagi Anda ataupun pasien yang pernah mengalami stroke, maka wajib waspada ! Ada kemungkinan stroke berulang. Untuk itu, wajib  memperhatikan beberapa faktor risiko stroke.

BACA JUGA:9 Gejala Stroke yang Sering Terabaikan, Salah Satunya Sakit Kepala

Oleh karena itu, Anda atau pasien yang pernah mengalami stroke berulang agar penting sekali mengatur dan menerapkan pola hidup sehat. Jaga pola makan yang berimbang, rajin-rajinlah olah raga, bagi Anda yang perokok maka  mulai sekarang hendaknya menghindari rokok.

BACA JUGA:8 Cara Mencegah Stroke Sejak Dini, Anda bisa Praktikkan dari Usia Muda

Selain itu, langkah waspada yang bisa Anda ataupun pasien yang pernah mengalami stroke berulang agar rutin melakukan check up ke dokter. Check up ini juga penting sekali, khususnya untuk mengetahui kadar gula darah dan tekanan darah. Berapa kali durasi pengecekannya, sesuaikan dengan kebutuhan Anda, ataupun minimal 1 tahun sekali.

BACA JUGA:Tirai Magnet, Halau Nyamuk Masuk ke Kamar, Bisa Jaga Privasi Pemilik Hunian

Anda atau pasien yang pernah mengalami penyakit stroke hendaknya memahami bahwa stroke ini bukanlah penyakit keturunan. Namun, beberapa faktor risiko stroke memang bisa diturunkan. Misalnya, kencing manis dan tekanan darah tinggi. 

BACA JUGA:Stroke Tidak Mengenal Gender, Namun Wanita Lebih Rentan, Berikut Faktor Penyebabnya

Beberapa orang ada yang memang sudah menderita kencing manis dan hipertensi sejak muda. Meski demikian, sekalipun stroke bisa terjadi pada setiap orang di setiap saat, penyakit stroke tetap dapat dicegah. Terutama Anda atau pasien yang pernah mengalami stroke berulang agar mengendalikan beberapa faktor risikonya.

BACA JUGA:Jarang Diketahui, Ternyata Bunga Pepaya Kaya akan Manfaat yang Bisa Mencegah Penyakit Stroke

Adapun faktor risiko stroke terbagi menjadi dua. Pertama, faktor resiko stroke yang bisa dikendalikan. Seperti tekanan darah tinggi, kencing manis, asam urat tinggi, kolesterol tinggi, dan penyakit jantung. Beberapa faktor risiko stroke yang sudah disebutkan ini memang dapat memperparah kondisi pembuluh darah.

BACA JUGA:Pembulu Darah Melemah Menyebabkan Stroke, Dampak Buruk Pecandu Rokok, Nikotin Sangat Berbahaya

Kedua, adalah faktor risiko yang memang tidak bisa dikendalikan karena sudah ketetapannya. Di antaranya, jenis kelamin dan usia yang semakin tua. Pria dan wanita semua memiliki risiko terkena stroke. Artinya setiap orang memang bisa berisiko terkena stroke, tetapi risiko stroke juga lebih tinggi pada pasien yang memiliki beberapa faktor risiko stroke. 

BACA JUGA:11 Gejala Heatstroke yang Wajib Anda Kenali, Berikut Cara Penanganannya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: