HONDA

HarmonyOS, Sistem Operasi Pendatang Baru, Mengusung Performa yang Lebih Baik

HarmonyOS, Sistem Operasi Pendatang Baru, Mengusung Performa yang Lebih Baik

HarmonyOS, Sistem Operasi Pendatang Baru, Mengusung Performa yang Lebih Baik--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - HarmonyOS adalah sistem operasi berbasis open source yang dikembangkan oleh Huawei Tech. GmbH Co., Ltd. Produk ini diluncurkan pada tahun 2019 sebagai saingan Google Android dan Apple iOS. 

Pengembangan HarmonyOS dipercepat setelah pemerintah AS memberlakukan larangan terhadap Huawei. Larangan ini akan mencegah perusahaan menggunakan sistem Android Google atau perangkat lunak buatan AS lainnya. 

BACA JUGA:Penggemar Buah Durian Harus Tahu, Ini 5 Perbedaan Durian Musang King dengan Durian Monthong

HarmonyOS dirancang untuk bekerja dengan banyak perangkat termasuk ponsel, tablet, jam tangan pintar, TV pintar, dan perangkat IoT lainnya. 

Seperti yang dilaporkan South China Morning Post, banyak perusahaan teknologi Tiongkok mencari pengembang untuk membuat aplikasi asli untuk HarmonyOS. 

BACA JUGA:Aktivitas Memasak Bersama Anak Bisa Meningkatkan Kreatifitas, Berikut 10 Manfaat Lainnya

Laporan tersebut juga menyatakan bahwa dukungan untuk aplikasi berbasis Android akan dihapus di sistem operasi Next, yang akan tersedia dalam pratinjau pengembang mulai awal tahun 2024. 

Aplikasi baru dalam format APK tidak lagi didukung, hanya aplikasi dalam format HAP yang didukung. Saat ini versi terbaru dari HarmonyOS adalah versi 4 yang dirilis pertama kali pada tanggal 4 Agustus. 

BACA JUGA:Monumen Robert Hamilton atau Tugu Tebek, Jejak Sejarah Penjajahan Inggris di Provinsi Bengkulu

Hingga awal November, HarmonyOS 4 sudah diunduh sebanyak 100 juta kali. Sebanyakn100 juta unduhan tersebut merupakan kombinasi antara perangkat baru dan lama dan angka 100 juta tersebut terjadi dalam 87 hari sejak HarmonyOS 4 dirilis, dengan  rata-rata 1,1 juta pemasangan per hari.

Pada konferensi pengembang tahun 2023, Huawei mengumumkan bahwa Harmony OS diinstal di lebih dari 700 juta perangkat di seluruh dunia, mulai dari ponsel hingga televisi dan mobil. 

BACA JUGA:5 Rekomendasi Smart TV Jepang Harga Murah dengan Fitur Canggih di Bawah Rp2 Jutaan

HarmonyOS 4 menggunakan Ark Engine baru dan dikatakan menawarkan kinerja 20 persen lebih baik dibandingkan versi sebelumnya.

Hasilnya, aplikasi terbuka lebih cepat dan animasi lebih lancar, tanpa menghabiskan lebih banyak daya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: