HONDA

Keruntuhan Fort York, Cikal Bakal Benteng Marlborough di Kota Bengkulu

Keruntuhan Fort York, Cikal Bakal Benteng Marlborough di Kota Bengkulu

Cikal bakal Benteng Marlborough di Kota Bengkulu dengan dimulainya keruntuhan Fort York.--Foto: Facebook.com/Kebudayaandikbudbkl

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Fort Marlborough merupakan benteng peninggalan kolonial Inggris di Provinsi Bengkulu.

Tetapi Fort Marlborough ini bukan benteng pertama yang dibangun kolonial Inggris di Bengkulu. Begini sejarahnya. 

Berawal dari ekspedisi Madras yang dipimpin oleh Ralph Ord yang kemudian berlabuh di Bengkulu di tanggal 24 Juni 1685, dimana ekspedisi ini dilengkapi juga dengan armada militer yang dipimpin Liutenant Robert Landey. 

Mengutip dari situs kebudayaan.kemdikbud.go.id, diceritakan di tanggal 12 Juli 1685 terjadi perjanjian antara Kerajaan Selebar yang dipimpin Pangeran Raja Muda dari Kerajaan Sungai Lemau dengan Ralph Ord dari pihak Kolonial Inggris, yang kemudian perjanjian ini dikenal dengan nama Traktat York. 

BACA JUGA:Sejarah Gempa Bumi Dahsyat di Bengkulu, Benteng Marlborough Tak Runtuh

Pada perjanjian ini pihak dari Kerajaan Selebar mengizinkan bangsa Inggris untuk mendirikan benteng sebagai kantor dagangnya di daerah Sungai Serut. 

Fort York adalah benteng Inggris pertama yang dibangun di pulau Sumatera, dimana tujuan dari berdirinya Fort York ini sebagai wilayah pemukiman, kantor kongsi dagang, barak militer, dan juga benteng pertahanan.

Di dalam proses pembangunan Fort York ini mengalami berbagai kendala seperti lingkungan yang tidak sehat, cuaca buruk, wabah penyakit malaria, disentri, dan juga kolera serta material yang terbatas.

Karena hal ini mengakibatkan bangunan fisik Fort York mengalami kerusakan, pada tanggal 2 Februari 1685 akhirnya pembangunan dari Fort York ini dihentikan akan tetapi tetap berfungsi sebagai benteng.

BACA JUGA:Perjuangan Rakyat Bengkulu Melawan Penjajah Inggris di Fort Marlborough

Selanjutnya kondisi dari Fort York ini semakin memburuk sampai dengan tahun 1711 dan akhirnya di tahun 1715 bangunan Fort York benar-benar runtuh.

Maka sejak saat itu Fort York mulai tergantikan oleh benteng baru yaitu Fort Marlborough yang mana lokasi benteng ini dianggap jauh lebih strategis untuk menggantikan Fort York.

Pada saat ini Fort York yang tersisa hanya berupa reruntuhan, hal ini sangat disayangkan kalau di masa yang akan datang Fort York hanyalah tinggal nama dan kenangan.

Maka dari itu diharap perhatian dari pemerintah untuk melestarikannya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: keruntuhan fort york