HONDA

4 Tips Memilih Set Top Box yang Berkualitas dan Aman Pemakaian

4 Tips Memilih Set Top Box yang Berkualitas dan Aman Pemakaian

4 Tips Memilih Set Top Box yang Berkualitas dan Aman Pemakaian--Foto: facebok.com/renita wdya

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Peralihan atau perpindahan dari TV analog ke siaran TV digital membuat kita membutuhkan alat dan fitur tambahan berupa Set Top Box atau yang lebih dikenal (STB).

Set Top Box wajib ada apabila TV yang digunakan belum mendukung untuk menerima siaran TV digital. 

Maka Set Top Box adalah alat yang bisa menamkap dan mengubah sinyal digital menjadi suara dan gambar. 

Sehingga dapat menampilkan pada TV tabung atau analog. Melalui penggunaan STB masyarakat tidak diharuskan mengganti TV analog dg TV digital.

BACA JUGA:Cara Paling Aman Menggunakan Set Top Box agar Tidak Meledak dan Cepat Rusak

Akan tetapi dalam membeli STB harus diperhatikan perangkat dari alat tersebut harus sudah mendukung DVB T2 atau Digital Video Broadcasting – Second Generation Terrestrial yang merupakan standar TV digital yang ada di Indonesia

Di dalam pembelian, Anda harus memperhatikan dengan detail STB tersebut. Di pasaran ada banyak pilihan STB yang bisa Anda beli, dijual dengan harga yang bervariasi mulai dari 150 ribuan sampai 700 ribuan.

Dalam hal kegunaan, STB murah maupun mahal tetap bisa menangkap siaran dari TV digital. Akan tetapi, yang membedakannya yaitu adanya tambahan fitur yang disematkan ke dalam STB tersebut. 

Contohnya seperti adanya panduan jadwal program siaran atau EGP, pencari saluran TV otomatis, perekam acara TV, sampai penggeser waktu siaran atau time shift.

BACA JUGA:Rekomendasi Smart TV Murah, Tak Perlu Menggunakan Set Top Box

Lalu, bagaimana cara memilih STB yang berkualitas dan sesuai anjuran? Berikut adalah beberapa tips yang dapat Anda lakukan sebelum memilih dan membeli STB.

1. Mencari yang sudah bersertifikasi dari Kominfo

Langkah pertama dalam membeli STB, Anda perlu mencarinya yang sudah memiliki sertifikasi dari Kominfo.

Mengapa demikian? Sebab, STB yang memiliki sertifikat dari Kominfo memiliki semua saluran TV yang diberikan oleh pemerintah. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: