HONDA

Waspada! BPOM Rilis Daftar Produk Skincare yang Mengandung Merkuri

Waspada! BPOM Rilis Daftar Produk Skincare yang Mengandung Merkuri

Waspada! BPOM Rilis Daftar Produk Skincare yang Mengandung Merkuri --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Kosmetik merupakan satu hal yang tidak akan bisa lepas dari daftar kebutuhan wajib bagi wanita. Berbagai merek dan kandungan beredar bebas dimarketplace online maupun dijual offline. 

Bagi kaum hawa, berbagai cara dilakukan untuk mendapatkan wajah yang glowing seperti yang diinginkan. Kadang kala tidak memperdulikan kandungan dan efek samping yang muncul.

BACA JUGA:Hasad Lebih Bahaya dari Penyakit Fisik, Begini Kata Ulama

Pada tahun 2023 ini BPOM sudah banyak melakukan penelitian berbagai produk pencerah kulit atau skincare dan banyak ditemukan produk yang mengandung merkuri

Seperti kita ketahui, merkuri merupakan bahan kimia dengan cara kerja menekan produksi melanin dan itu sangat beracun bagi tubuh manusia. 

BACA JUGA:Ternyata Manfaat Tidur Siang Banyak Loh, Salah Satunya Bisa Mengilangkan Stres

Selain mengandung merkuri juga ditemukan produk yang mengandung bahan paraben, karbon hitam, formaldehida yang bisa mempengaruhi ketidakseimbangan hormon, masalah pernapasan hingga penyebab kanker.

Risiko dalam penggunaan merkuri adalah akan terkena zat yang beracun, biasanya terdapat dalam cream pemutih wajah yang bisa menghilangkan bintik hitam, noda jerawat, menghilangkan kerutan dan anti penuaan dini yang instant.

BACA JUGA:Ini Dia 6 Rekomendasi CCTV yang Bisa Dipantau Lewat HP Jarak Jauh

Penggunaan merkuri dapat mengurangi resistensi infeksi bakteri, perubahan warna kulit dan kulit berjerawat. Sementara itu, untuk penggunaan jangka panjang bisa berakibat fatal seperti kerusakan pada syaraf. Lalu kerusakan ginjal, kesulitan bernapas dan masih banyak efek buruk lainnya. 

Sehingga kita wajib hati-hati dalam memilih skincare dan wajib mengetahui bahan dan kandungan di dalamnya. Berikut beberapa produk kosmetik yang mengandung merkuri dilansir dari Instagram @bpom_ri. 

BACA JUGA:2024! Ini DAK Fisik Perpustakaan Maluku dan Sekitarnya: Cek Wilayahmu di Sini

• Temulawak new day cream & night cream beauty whitening cream night

• Cream HN

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: