BANNER KPU
HONDA

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini 5 Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Sering Dianggap Sama, Ternyata Ini 5 Perbedaan TV Digital dan Smart TV

Ternyata ini 5 perbedaan TV digital dan smart TV yang sering dianggap sama.--Foto: Freepik.com/king stock N1

Anda juga harus tahu jenis sinyal yang digunakan pada TV digital dan smart TV. Pada TV digital Anda memerlukan sinyal digital yang bisa menangkap sinyal sampai jarak terjauh.  

Sedangkan di sisi lain, smart TV menggabungkan kegunaan sinyal analog dan koneksi internet sehingga Anda bisa menikmati tontonan yang beragam.

BACA JUGA:Harga Rp500 Jutaan, Samsung Smart TV Neo QLED QN100B Diklaim Sebagai Smart TV QLED Tertipis di Dunia

Mengapa sinyal analog. Pada dasarnya, smart TV termasuk dalam kategori analog sehingga penggunaannya tidak sama seperti TV digital.

Sedangkan smart TV membutuhkan perangkat tambahan seperti STB agar Anda bisa menikmati tayangan digital tanpa harus mengganti televisi yang sudah ada di rumah.

3. Tayangan yang Tersedia

Variasi tayangan yang tersedia bahkan menjadi pembeda yang menarik antara TV digital dan smart TV. Yaitu TV digital hanya mendapatkan tayangan dari siaran digital saja.

Sedangkan, smart TV menyediakan akses tayangan yang lebih luas bahkan dari aplikasi yang tersedia dalam perangkat televisinya.

BACA JUGA:Rekomendasi 5 Smart TV dengan Tampilan Visual Terbaik 2023

Khususnya jika Anda memilih Android TV, Anda bisa mengunduh aplikasi lain dari Google Play Store, seperti aplikasi streaming film, musik, dan game.

4. Kebutuhan Antena

Perbedaan TV digital dan smart TV selanjutnya terletak pada penggunaan antenanya. TV digital biasanya menggunakan antena jenis dalam ruangan, sedangkan antena untuk smart TV menggunakan jenis parabola.

Antena yang digunakan bisa diletakkan di dalam maupun di luar rumah sehingga Anda bisa menyesuaikannya.

BACA JUGA:10 Kelebihan dari Smart TV yang Diklaim Miliki Beragam Hiburan

5. Fitur Pendukung

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: