HONDA

Awas! Kutu Rambut Pada Si Kecil, Basmi dengan Cara Ini

Awas! Kutu Rambut Pada Si Kecil, Basmi dengan Cara Ini

Basmi dengan cara ini, awas kutu rambut pada si kecil.--Foto: Instagram/byelice.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kutu merupakan sejenis serangga kecil yang sering kali berkembang biak di kulit kepala dan rambut.

Ini biasanya dialami oleh anak-anak. Ketika si kecil mengalami gatal pada kulit kepalanya periksalah, siapa tahu serangga kecil ini sedang bersarang di rambutnya.

Tak ayal kutu ini membuat tidak nyaman si kecil dalam beraktifitas seperti biasa. 

Dalam kanal YouTube Saddam Ismail, menyebutkan kalau kutu kepala pada anak bila digaruk berulang-ulang beresiko akan menyebabkan infeksi di kulit kepala.

BACA JUGA:Atasi Radang dan Alergi dengan Konsumsi Daun Kemangi, Berikut Deretan Manfaat Lainnya untuk Kesehatan

Jika dibiarkan terus menerus bukan hanya aktivitasnya yang terganggu hal ini juga bisa menjadi masalah kesehatan bagi si kecil. 

Ada beberapa faktor penyebab anak dihinggapi parasit ini salah satunya sisir yang digunakan pada penderita kutu ditularkan kepadanya.

Adapula ketika anak-anak bermain bersama sehingga parasit yang timbul pada satu orang menularkan anak lainnya. Penggunaan barang seperti bantal, selimut, handuk dan ikat rambut menjadi faktor penyebab lainnya.

Telurnya tidak bergerak karena kutu melekatkannya pada batang awal rambut. Kontak fisik bagi penderita kutu akan menularkan kepada yang lain.

BACA JUGA:11 Manfaat Daun Kelor untuk Kesehatan, Ketahui Juga Kandungan dan Cara Konsumsinya yang Benar

Hewan ini hidup dan berkembang biak dengan memakan darah kulit kepala manusia. Sehingga kutu bisa bertahan hidup lama dikulit kepala manusia kalau tidak dibasmi bisa berakibat tidak nyaman dan terjadi kerusakan kulit kepala. 

Berikut cara-cara membasmi kutu pada si kecil :

1. Cara Tradisional dengan Sisir Kutu

Sisir kutu merupakan cara yang paling sering digunakan bagi penderita awal kutu. Biasanya cara tradisional ini digunakan oleh para orang tua dahulu dalam mendapatkan induk kutu serta telur-telurnya. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: