BANNER KPU
HONDA

Perhatian bagi Orang Tua ! Anak Sebaiknya Umur Berapa ke Dokter Gigi? Berikut Penjelasannya

Perhatian bagi Orang Tua ! Anak Sebaiknya Umur Berapa ke Dokter Gigi? Berikut Penjelasannya

Anak Sebaiknya Umur Berapa ke Dokter Gigi? Berikut Penjelasannya--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemeriksaan gigi tidak hanya berlaku bagi orang yang sudah dewasa saja. Anak-anak, bahkan balita (bawa lima tahun) pun wajib menjalani pemeriksaan ke dokter gigi

BACA JUGA:Putihkan Gigi Tidak Mesti ke Dokter, Lakukan dengan Cara Alami Berikut Ini !

Untuk itu, sebagai perhatian bagi orang tua yang memiliki anak, sebaiknya anak yang sudah tumbuh gigi pertama atau kurun waktu enam bulan ke depan, sebaiknya dibawa ke dokter spesialis gigi atau dokter gigi.

BACA JUGA:Kuning Telur Bantu Jaga Kesehatan Gigi, Juga Bisa Perbaiki Jaringan Tubuh yang Rusak

Adapun tujuan dari pemeriksaan gigi anak ke dokter gigi adalah untuk memberikan pengertian dan pemahaman kepada para orang tua. Khususnya, mengenai bagaimana cara merawat dan membersihkan gigi anak. Termasuk juga bagaimana untuk melakukan pencegahan munculnya permasalahan gigi pada anak-anak.

BACA JUGA:Sakit Gigi? Manfaatkan Rempah di Dapur: Gunakan Bawang Putih Sebagai Obat Alami

Bahkan lebih dari itu, ada tujuan yang lebih penting kenapa anak perlu segera dibawa ke dokter gigi ketika gigi pertamnya mulai tumbuh. Tujuan itu adalah untuk memonitor tumbuh kembang gigi, geligi dan rahang pada anak tersebut. Seterusnya, ketika anak dibawa ke dokter gigi, maka bisa mendeteksi dini ketika ada permasalahan pada gigi, geligi dan jaringan pendukung di mulut anak.

BACA JUGA:Sakit Gigi, Bau Mulut hingga Radang Tenggorokan Sembuh, Cukup Gunakan Rebusan Daun Cengkeh

Rata-rata permasalahan gigi yang kerap terjadi pada anak-anak adalah gigi berlubang. Masalah gigi berlubang ini pun sudah umum menghampiri anak-anak. Untuk itu, ketika anak tersebut dibawa ke dokter gigi, maka akan ada upaya dan tindakan pembersihan gigi berlubang pada anak tersebut. 

BACA JUGA:Putih Telur, Mampu Redakan Nyeri Gigitan Kelabang, Berikut 4 Cara juga Ampuh dan Lazim !

Oleh karena itu, anak-anak pun sama dengan orang dewasa, wajib dibawa ke dokter gigi guna mendapatkan pemeriksaan gigi dengan tepat dan baik. Tenggang waktu yang ideal bagi anak untuk menjalani pemeriksaan gigi ke dokter spesialis gigi juga tidak jauh berbeda dengan orang dewasa.

BACA JUGA:Konsumsi Tempe Mampu Mendukung Fungsi Otak, Bahkan Bisa Menjaga Kesehatan Gigi dan Tulang

Mengacu pada "Pedoman Pemeliharaan Kesehatan Gigi dan Mulut, Ibu Hamil dan Balita dari Kementerian Kesehatan Republik Indonesia", maka anjuran pemeriksaan gigi pada anak ke dokter gigi adalah setiap 3 atau 6 bulan bisa dilakukan sekali. Pemeriksaan yang rutin setiap 3 atau 6 bulan ini tujuannya tidak lain dapat mendeteksi secara dini jika ada permasalahan gigi pada anak.

BACA JUGA:Pantai dengan Pasir Warna Putih, Banyak Batu Karang Mirip Gigi Hiu, Atraksi Lumba-Lumba

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: