HONDA

Punya Aroma yang Khas, Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Tapi Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

Punya Aroma yang Khas, Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Tapi Berbahaya Bagi Penderita Diabetes

Punya Aroma yang Khas, Bisa Bantu Turunkan Kolesterol, Tapi Berbahaya Bagi Penderita Diabetes--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Buah durian atau dikenal sebagai king fruits dalam istilah Melayu berasal dari kata duri yang diberi akhiran an, sehingga menjadi durian. Kata tersebut untuk menyebut buah yang berkulit dan berduri tajam.

Pecinta durian seringkali dibayang-bayangi kekhawatiran ketika akan menikmati buah kesukaannya. Sebab banyak yang menduga , durian dapat menyebabkan kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Dor! Lagi Asik Main Judi Slot, Pelaku Curas Diamankan Polisi, Diduga Terlibat Puluhan TKP

Penelitian membuktikan buah durian tidak menyebabkan naiknya kadar kolesterol. Sebaliknya buah durian ini justru dapat membantu menurunkan kolesterol jahat, tidak meningkatkan risiko penyakit jantung, stroke, obesitas dan gangguan sindrom metabolik (trigliserida). 

Kadar kolesterol dari buah durian dianggap nol, karena tidak signifikan. Tidak ada tanaman seperti sayuran dan buah yang mengandung kolesterol tinggi.

BACA JUGA:Fashion Trendi Ala Korea Jadi Kiblat Anak Muda, Mengikuti Fashion Kpop Idol dan Aktor Drama

Kolesterol umumnya terdapat dalam makanan yang mengandung lemak jenuh tinggi seperti daging, jeroan, kulit, makanan laut, gorengan ataupun susu full cream.

Yang terkandung dalam durian ini justru asam lemak tak jenuh tunggal, dimana senyawa ini dapat membantu untuk menurunkan kolesterol jahat (LDL) serta trigliserida dalam tubuh.

BACA JUGA:Keindahan Alam Air Terjun Aek Sijorni, Bertingkat dengan Ketinggian 10 Meter

Kandungan gizi dalam 100 gram buah durian atau sekitar 3 biji beruoa kalori 160 kkal, protein 2,5 gram, lemak total 2,8 gram, lemak jenuh 0,85 gram, serat 3,1 gram, karbohidrat 31,1 kolesterol 0 mg dan natrium 8 mg.

Walaupun buah durian tidak dapat menyebabkan kolesterol tinggi, tetapi sebaiknya saat mengonsumsi buah durian jangan berlebihan. Terutama bagi kamu yang menderita diabetes.

BACA JUGA:Harga Emas Antam Kembali Naik Rp 15.000, Pada Perdagangan Hari Ini

Sebab buah durian, tergolong buah yang punya tinggi kalori. Sehingga memakan buah durian secara berlebihan punya efek samping melonjaknya gula darah.

Bagi kamu yang menderita penyakit diabetes, disarankan mengonsumsi buah durian satu sampai dua biji saja. Karena dalam tiga biji durian terkandung gula setara dengan separuh kaleng minuman cola.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: