HONDA

Ini Harus Dihindari Saat Menggunakan Behel: Agar Gigi Sehat dan Senyuman Indah

Ini Harus Dihindari Saat Menggunakan Behel: Agar Gigi Sehat dan Senyuman Indah

Ini Harus Dihindari Saat Menggunakan Behel: Agar Gigi Sehat dan Senyuman Indah--freepik.com/master1305/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Kawat gigi dan behel salah satu perawatan gigi yang sering digunakan secara konvensional di Dokter Gigi Umum ataupun pada Dokter Spesialis Orto. 

Sebenarnya, kawat gigi dan behel ini merujuk pada komponen medis yang membentuk inti dari perangkat ortodontik, mencakup alat kawat itu sendiri beserta tambahan seperti bracket, karet, dan perekat.

Kawat gigi atau behel, keduanya memiliki peran utama dalam merawat gigi yang sehat. Kawat gigi biasanya terbuat dari logam, sementara behel dapat memiliki variasi bahan seperti keramik atau plastik transparan. 

BACA JUGA:Wajib Anda Ketahui! Ini Efek Samping Saat Menggunakan Behel

Kedua jenis alat ortodontik tersebut memiliki efektifitas untuk menata gigi, tetapi preferensi pribadi dan kebutuhan medis dapat memengaruhi pilihan.

Kedua alat orto ini tentunya memiliki fungsi utama untuk meratakan dan menyusun gigi. Mereka membantu mengoreksi masalah gigitan, menyelaraskan gigi yang miring, dan menciptakan senyum yang lebih sehat dan indah. Proses ini membutuhkan waktu, konsistensi, dan perawatan yang baik.

Selain itu, fungsi kawat gigi atau behel adalah memberbaiki struktur gigi dan juga rahang. Perawatan ini membantu mengarahkan gigi ke posisi yang benar dan memperbaiki gigitan.

BACA JUGA:Wajib Diketahui! Ini Keuntungan dan Kekurangan Menggunakan Behel

Lalu Apa yang Tidak Boleh Dilakukan Saat Menggunakan Behel?

1. Mengabaikan Perawatan Harian: Menjaga kebersihan mulut sangat penting. Hindari mengabaikan sikat gigi, benang gigi, dan berkumur air kumur. 

Pembersihan yang baik membantu mencegah masalah seperti kerusakan gigi atau gusi.

2. Mengonsumsi Makanan Keras atau Klebrig: Hindari makanan yang dapat merusak behel, seperti permen keras, karamel, atau kacang-kacangan. 

Makanan klebrig dapat menyebabkan masalah atau merusak bagian behel. Contohnya seperti bracket yang lepas yang bisa memperlambat kerja behel itu sendiri. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: