HONDA

Jangan Jorok! Ini Cara Merawat Gigi Behel Agar Tidak Plak dan Selalu Tampil Bersih

Jangan Jorok! Ini Cara Merawat Gigi Behel Agar Tidak Plak dan Selalu Tampil Bersih

Jangan Jorok! Ini Cara Merawat Gigi Behel Agar Tidak Plak dan Selalu Tampil Bersih--Foto :freepik.com/kroshka-nastya

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Mungkin Anda salah satu orang yang memiliki masalah terkait dengan pergigian, seperti gigi yang tidak rapi, plak pada gigi, dan lainnya. Pada dasarnya memang menjaga kesehatan gigi sering dianggap sepele oleh sebagian orang, namun sebenarnya jangan kita anggap kesehatan gigi adalah persoalan spele, karena ini adalah bagian penting bagi proses pencernaan pada tubuh kita.

Salah satu perawatan gigi yang paling terkenal adalah behel atau kawat gigi.  Kawat gigi atau behel merupakan alat ortodontik yang membantu memperbaiki posisi gigi. Akan tetapi menggunakan behel bukanlah perkara yang mudah karena memerlukan kebersihan yang ekstra, karena jika tidak bisa menimbulkan plak atau karang gigi. 

Plak pada gigi adalah lapisan bakteri yang dapat mengancam kesehatan gigi dan gusi. Mengapa gigi behel mudah plak? Karena gigi behel memiliki permukaan yang lebih kompleks, memungkinkan plak menempel dengan mudah.

Masalah yang paling sering kita temui adalah gigi yang tidak rapi atau tersusun secara tidak rata, gigi yang seperti ini tidak hanya mengangggu masalah tampilan fisik saja, akan tetapi juga mengaggu masalah gigitan atau sistem kunyahan pada gigi. Gigi yang tidak rapi akan lebih sering terkena sangkutan makanan, dan hal itulah yang menyebabkan sisah makanan yang tertinggal dan bisa menyebabkan masalah kesehatan pada gigi seperti plak jika tidak diatasi.


Selalu konsultasikan ke dokter gigi untuk perawatan behel--Foto: freepik.com/freepik

BACA JUGA:Harus Tahu! Ini Larangan Saat Menggunakan Behel untuk Memperbaiki Senyuman Anda

Gigi yang menggunakan behel ini menyediakan celah tempat bagi plak untuk berkembang karena sulit dijangkau dan membersihkannya. Untuk mencegah plak pada gigi behel, langkah-langkah perawatan yang tepat diperlukan. Bagaimana cara melakukannya?

Berikut perhatian khusus pada gigi yang berbehel agar tetap sehat dan bebas plak. Berikut adalah 5 langkah sederhana untuk merawat gigi behel Anda:

1. Sikat Gigi dengan Benar

Pastikan untuk menyikat gigi secara menyeluruh setidaknya dua kali sehari. Gunakan sikat gigi yang lembut dan bergerak perlahan-lahan, fokus pada area di sekitar behel. Ini membantu menghilangkan plak dan sisa makanan yang mungkin menempel.

BACA JUGA:Informasi Lengkap Biaya Pemasangan Behel: Solusi Terjangkau untuk Senyuman Lebih Cantik

2. Gunakan Benang Gigi atau Sikat Interdental

Membersihkan area di antara gigi yang tertutup behel bisa sulit dengan sikat gigi biasa. Gunakan benang gigi atau sikat interdental untuk membersihkan bagian-bagian sulit dijangkau. Ini membantu mencegah penumpukan plak dan menjaga kebersihan gigi secara menyeluruh.

3. Hindari Makanan dan Minuman Berwarna

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: