HONDA

Keledang si Nangka Mini dari Kalimantan, Batangnya Tergolong Kayu Berkualitas, Berkhasiat untuk Kekebalan

Keledang si Nangka Mini dari Kalimantan, Batangnya Tergolong Kayu Berkualitas, Berkhasiat untuk Kekebalan

Keledang si Nangka Mini dari Kalimantan, Batangnya Tergolong Kayu Berkualitas, Berkhasiat untuk Kekebalan--rakyatbengkulu.disway.id

Meski berasal dari Kalimantan, ternyata buah keledang juga ditemui di Pulau Sumatera, tepatnya di Riau dan Bangka. Juga ditemukan di Thailand dan Semenanjung Malaya.

Habitat buah keledang umumnya tersebar di hutan hujan tropika dataran rendah dan perbukitan hingga ketinggian 600 (-1100) mdpl.

BACA JUGA:Kunci Tertinggal, Motor Warga Rejang Lebong Raib Saat Temani Istri Belanja di Minimarket

Jika kamu ingin mencicipi rasanya, silakan mampir ke pasar-pasar tradisional di Kalimantan saat sedang musim. Karena banyaknya alih fungsi hutan dan penebangan hutan secara liar, membuat buah keledang mulai kehilangan habitatnya dan sulit ditemui.

 

Olahan Tanaman Keledang

Bukan hanya buah keledangnya saja yang bisa langsung dikonsumsi, daun keledang juga dapat dimanfaatkan sebagai pembungkus makanan layaknya daun jati. 

BACA JUGA:Jatuh Cinta Pada Janda, Begini Cara Luluhkan Hatinya, Harus Percaya Diri

Sementara kayu dari pohon keledang tergolong sebagai jenis kayu berkualitas dan banyak dimanfaatkan sebagai bahan konstruksi berat, furnitur, perahu dan perkakas rumah tangga.

Masyarakat Kalimantan juga mengolah buah keledang sebagai campuran makanan seperti kue atau puding.

BACA JUGA:Gubernur Ucapkan Selamat Via Zoom, Sekolah yang Paham Cara Menyiapkan Anak Didiknya

Sebab aromanya yang khas dan sedap. Buah keledang juga banyak mengandung senyawa bermanfaat bagi kesehatan seperti metabolit, flavonoid, antioksidan, vitamin dan mineral lain.

Bahkan masyarakat Kalimantan juga menjadikan buah keledang sebagai obat tradisional, yang dipercaya dapat mencegah datangnya penyakit dan baik untuk kekebalan tubuh.(**)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: