HONDA

Kopi Ijen, Arabika Bercitarasa Unik Perpaduan Asam Jawa dan Pedas, Digemari Wisatawan

Kopi Ijen, Arabika Bercitarasa Unik Perpaduan Asam Jawa dan Pedas, Digemari Wisatawan

Kopi Ijen, Arabika Bercitarasa Unik Perpaduan Asam Jawa dan Pedas, Digemari Wisatawan --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Salah satu kopi arabika dengan citarasa yang unik di Indonesia adalah kopi Ijen. Kopi ini kembangkan PTPN XII di Pegunungan Ijen, perbatasan antara Kabupaten Bondowoso dan Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. 

Kopi Ijen ini rasanya perpaduan antara asam Jawa dan pedas di dalamnya. Sensasi pedas itu lantaran perpaduan antara pedas dengan sedikit rasa aroma jahe, lalu rasa pahit dari kopi ini tidak terasa pekat. Selain itu, kpo Ijen ini aromanya yang sangat khas, yakni bau bunga hutan di kopinya.

BACA JUGA:Masih Soal Kopi ! Masuk Pertama Kali ke Belanda dari Arab, Barang Berharga dan Mahal

Kopi Ijen ini menjadi satu-satunya produk kopi spesialti atau Kopi Blue Mountain yang dapat sertifikat Indikasi Geografis (IG) dari Kementerian Hukum dan HAM. Jadi kamu jangan kaget kalau kopi ini mampu menembus pasar internasional.

Karena rasanya yang unik, kopi ini digemari wisatawan domestik dan mancanegara. Rupanya citarasa yang khas ini lantaran prosesnya menggunakan sistem washed process, sehingga berdampak pada rasa biji kopi.

BACA JUGA:10 Tips Merawat Kucing Kampung Agar Sehat dan Gemuk Seperti Kucing Anggora

Washed process memungkinkan kamu merasakan kopi dengan lebih baik, karena mencuci tidak memberi banyak rasa pada kopi. 

Karena kopi ini tumbuh pegunungan dekat laut, cita rasa unik yang dimilikinya pun dipengaruhi oleh udara asam belerang pegunungan Ijen dan udara yang mengandung asam garam laut. Inilah yang membuat kopi ini digemari wisatawan.

BACA JUGA:Manfaat Luar Biasa Batu Akik Lavender: Fakta dan Khasiat Mengagumkan

Karakteristik kopi Ijen pertama, bila dibandingkan dengan kopi arabika lain, kopi Ijen lebih ringan dengan tingkat keasaman yang rendah. Sehingga rasa asam yang dihadirkan sangat eksotis.

Kedua, cita rasa yang dimiliki sangat unik. Yakni ada rasa nutty dan sedikit terasa seperti coklat saat dicicipi. Kamu akan merasakan aroma khas saat pertama kali menyeduh dan mencicipinya.

BACA JUGA:WOW! Ini 10 Manfaat Buah Belimbing, Si Buah Bintang Pengikat Radikal Bebas

Ketiga, kopi Ijen memiliki tekstur yang lembut. Sehingga terlihat manis dalam penyajiannya. Jika kamu tertarik ingin merasakan sensasi kopi Ijen, tidak perlu datang ke Jatim. Sebab kopi ini sudah dipasarkan melalui online.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: