HONDA

Berhati-Hati Terhadap Ancaman Cybercrime, Kenali Modus Penipuan dan Lindungi Diri!

Berhati-Hati Terhadap Ancaman Cybercrime, Kenali Modus Penipuan dan Lindungi Diri!

Kenali modus penipuan dan lindungi diri, berhati-hati terhadap ancaman cybercrime.--dokumen/rakyatbengkulu.com

3. Ganti Kata Sandi Secara Berkala

Melakukan pergantian kata sandi secara rutin dapat meningkatkan keamanan akun. Pastikan setiap akun memiliki kata sandi yang berbeda, gunakan kombinasi angka, simbol, huruf kapital dan kecil untuk membuatnya lebih kuat dan sulit ditebak.

BACA JUGA:Makin Canggih, Masyarakat Diserang Game, Penipuan Hingga Hipnotis Berbasis Teknologi

4. Waspada Saat Scan QRIS di Tempat Umum

Meskipun QRIS memudahkan transaksi, perhatikan QRIS di lokasi transaksi dan hindari memindai jika terlihat mencurigakan. Pastikan nama merchant sesuai dan tidak ada stiker tambahan pada kode QRIS.

5. Aktifkan Two Factor Authentication (2FA)

Langkah penting lainnya adalah mengaktifkan autentikasi dua faktor untuk melibatkan verifikasi tambahan sebelum mengakses akun. Jangan pernah berikan kata sandi atau kode OTP kepada siapapun.

BACA JUGA:Waspada Berbagai Jenis Modus Penipuan Social Enginering, BRI Beberkan Cara Antisipasinya

6. Blokir Nomor yang Tidak Dikenal

Jika menerima panggilan dari nomor yang mencurigakan, hindari memberikan informasi pribadi. Blokir nomor tersebut untuk menghindari panggilan tidak diinginkan di masa mendatang.

Salah satu perbankan, yakni Bank DBS Indonesia terus berupaya menjaga keamanan seluruh kegiatan perbankan dan memberikan edukasi kepada nasabah tentang perlindungan data dan gawai dari ancaman siber.

Ingatlah bahwa kita semua bertanggung jawab untuk melindungi data pribadi kita, dan dengan pengetahuan yang cukup, kita dapat menghadapi berbagai risiko cybercrime dengan lebih siap.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: