HONDA

Ternyata Ratu Laut Selatan Tidak Hanya Nyi Roro Kidul, Ini Dia 5 Penguasanya

Ternyata Ratu Laut Selatan Tidak Hanya Nyi Roro Kidul, Ini Dia 5 Penguasanya

Ini dia 5 penguasa Laut Selatan yang ternyata tidak hanya Nyi Roro Kidul.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Ratu Laut Selatan atau  Ratu Pantai Selatan sering juga disebut Ibu Ratu Kidul yang merupakan sosok Ratu Jin bernama Ratu Rara Kirana.

Kemudian digantikan oleh Ratu Rara Kadita anak dari Prabu Siliwangi hasil dari pernikahannya dengan Ratu Jin Penguasa hutan dan daratan di nusantara yang belum diketahui namanya.

Dimana kekuatan Ilmu Ratu Laut Selatan dapat menaklukan Nyi Blorong, kemudian setelah ditaklukan menjadi pembantu pada istana laut selatan.

Sebelum ia diusir karena perseteruannya dengan Nyi Roro Kidul, pilar benderanya didaratan tak lain membangun Borobudur.

BACA JUGA:Pakai Pakaian Hijau di Pantai Selatan, Bisa Tersapu Gelombang Laut, Jasad Sulit Ditemukan

Umumnya pengetahuan masyarakat merujuk pada tiga tokoh, yaitu Kanjeng Ratu Kidul dan anak asuhnya Nyi Roro Kidul dan jin keturunan iblis Nyi Blorong yang pernah ditaklukan pada saat itu.

Dimana Legenda cerita tersebut sangat populer di kalangan masyarakat Pulau Jawa dan Bali.  Adapun kepercayaan akan adanya penguasa lautan di selatan Jawa di Samudra Hindia, terutama dikenal oleh Suku Sunda dan Suku Jawa.

Selain itu, orang Bali juga meyakini adanya kekuatan yang menguasai pantai selatan.

Ratu Laut Selatan Rara kirana, mempunyai senjata andalan yaitu Panah 7 Penjuru Mata Angin dan Tombak Nirwana Cakra Langit, yang pernah di pinjam oleh Sunan Kalijaga untuk mengalahkan Prabu Siliwangi.

BACA JUGA:Membludak! Ribuan Pengunjung Padati Wisata Pantai Jakat Kota Bengkulu saat Libur Tahun Baru 2024

Kemudian Sunan Gunung Jati menempa senjata tersebut, dan dijuluki Karera Reksa serta menjadi Pusaka Agung Buana. Setelah itu pusaka ini dikembalikan lagi kepada pemiliknya.

Laut selatan jawa adalah laut yang berada di sepanjang pulau Jawa bagian selatan. Selain itu, Laut selatan jawa juga dikenal dengan nama samudra hindia serta mempunyai deburan ombak yang begitu besar.

Adapun Laut selatan paling dikenal angker dengan berbagai kisah mistisnya dari pada laut lain yang ada di Indonesia.

Dimana kisah mistis yang paling dikenal oleh masyarakat ialah Nyi Roro Kidul. Masyarakat mengenal Nyi Roro Kidul yang merupakan ratu penguasa laut selatan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: