HONDA

Diyakini Ampuh Jadi Obat Kolesterol Hingga Asam Urat, Ini 5 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Diyakini Ampuh Jadi Obat Kolesterol Hingga Asam Urat, Ini 5 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan

Diyakini Ampuh Jadi Obat Kolesterol Hingga Asam Urat, Ini 5 Manfaat Daun Sukun untuk Kesehatan--Foto: Instagtam.com/studiodsa26

3. steroid,

BACA JUGA:Jaga Kesehatan Tubuh dengan Konsumsi Telur Puyuh, Ketahui 7 Manfaat dan Kandungan Gizinya

4. fenol,

5. saponin,

6. alkaloid, dan 

7. tanin.

BACA JUGA:Cocok untuk Program Diet dan Penderita Diabetes, Ini Sejumlah Manfaat Pisang Mas Bagi Kesehatan

Berbagai macam kandungan fitonutrien tersebut diketahui memiliki efek antioksidan, anti-inflamasi atau antiradang dan antidiabetes.

Berbekal kandungan dan senyawa yang beragam di dalamnya, daun sukun mempunyai beberapa potensi manfaat untuk kesehatan yang baik, yakni:

1. Menurunkan kadar kolesterol

Banyak pengidap gangguan jantung mengonsumsi ramuan dari daun sukun karena dipercaya minuman ini dapat membantu menurunkan kadar kolesterol darah.

BACA JUGA:WOW! Selain Nikmat, Labu Siam Punya Sederet Manfaat untuk Kesehatan Ibu Hamil

Studi dalam International Journal of Pharmaceutical and Clinical Research (2016) lalu, menguji coba pemberian ekstrak dari daun sukun untuk mengatasi hiperlipidemia pada tikus percobaan.

Hasilnya, pemberian ekstrak daun sukun ini membantu untuk menurunkan kadar kolesterol total, kolesterol LDL, dan trigliserida serta meningkatkan kadar kolesterol HDL (kolesterol baik).

Manfaatnya diketahui berasal dari kandungan flavonoid, yakni salah satu jenis fitonutrien yang banyak terkandung dalam tanaman dan memiliki efek antioksidan yang kuat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: