BANNER KPU
HONDA

Waspada Makanan Ini Tidak Manis, Tapi Kadar Gulanya Tinggi, Berisiko Terjangkit Penyakit Kronis

Waspada Makanan Ini Tidak Manis, Tapi Kadar Gulanya Tinggi, Berisiko Terjangkit Penyakit Kronis

Waspada Makanan Ini Tidak Manis, Tapi Kadar Gulanya Tinggi, Berisiko Terjangkit Penyakit Kronis --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Dewasa ini banyak sekali makanan olahan yang rasanya tidak manis, tapi setelah diteliti ternyata mengandung gula yang tinggi. 

Padahal masyarakat memilih jenis makanan tersebut untuk menghindari makanan manis dengan kandungan gula tinggi. Guna mencegah risiko penyakit kronis, terutama penyakit diabetes mellitus.

BACA JUGA:Jangan Abaikan Peraturan di Bulgaria! Pengamen Wajib Miliki Ijazah Seni Musik

Kementerian Kesehatan Republik Indonesia telah mengemukakan konsumsi gula lebih dari 50 gram per hari akan meningkatkan risiko penyakit diabetes, stroke, penyakit jantung koroner dan penyakit kronis lainnya.

Sementara American Heart Association menganjurkan makan gula lebih baik tak lebih dari 25 gram atau 6 sendok teh untuk wanita per hari. Sementara bagi laki-laki sebaiknya hanya mengonsumsi 38 gram gula atau setara dengan 9 sendok teh dalam sehari.

BACA JUGA:Air Berusia Miliaran Tahun, Bagaimana Rasanya?, Terasa Sangat Asin dan Pahit

Dalam otak kita selama ini makanan manis dengan kadar gula tinggi itu seperti cokelat, kue kering, permen dan makanan manis lainnya. Sehingga dengan berbagai upaya akan menghindari makanan manis itu.

Nyatanya kandungan gula tinggi juga terdapat dalam makanan tidak manis atau minuman yang sehat. Kamu mungkin tidak menyangka bahwa makanan atau minuman di bawah ini malah membuat kamu berisiko terjangkit penyakit kronis karena kandungan gulanya.

BACA JUGA:Kabar Gembira! KONI Pusat Bersama LPDP Membuka Pendaftaran Program Beasiswa S1 hingga S3 Tahun 2024

 

1. Yogurt yang tidak berlabel “plain”

Mungkin kamu berpikir yogurt termasuk penganan yang sehat. Tidak salah, yogurt mampu membantu melancarkan pencernaan kamu. Tapi hati-hati dengan kandungan gula di dalamnya.

Yogurt yang katanya rendah lemak dan tidak manis saja terkandung gula sebanyak 17 – 33 gram. Bila kamu ingin mengonsumsi yogurt, sebaiknya pilih yang rasanya plain. Sebab kandungan gulanya cenderung lebih rendah.

BACA JUGA:Berdiri Sejak 1987, TK Dharma Wanita Persatuan Provinsi Bengkulu Diresmikan Presiden RI Soeharto

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: