HONDA

Ini Dia Makanan Sumber Yodium, Ada Rumput Laut dan Buah Plum Kering, Makanan yang Berasal dari Laut

Ini Dia Makanan Sumber Yodium, Ada Rumput Laut dan Buah Plum Kering, Makanan yang Berasal dari Laut

Ini Dia Makanan Sumber Yodium, Ada Rumput Laut dan Buah Plum Kering, Makanan yang Berasal dari Laut --rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Yodium atau iodine merupakan salah satu jenis mineral yang dibutuhkan tubuh, guna menjalankan fungsi kelenjar tiroid. Terutama dalam membentuk hormon tiroid. 

Hormon tersebut berguna mengendalikan banyak fungsi tubuh, termasuk pembakaran kalori, kenaikan dan penurunan berat badan dan pengaturan suhu.

BACA JUGA:Kondisi Terkini di Jalan Liku Sembilan, Akses Lalu Lintas Hanya Bisa Dilalui Sepeda Motor

Tubuh manusia juga membutuhkan hormon tiroid guna mendorong perkembangan tulang dan otak selama kehamilan dan masa anak-anak. Bila asupan yodium tidak cukup, maka produksi hormon tiroid akan terganggu sehingga berimbas pada pertumbuhan.

Berdasarkan penelitian Kementerian Kesehatan RI kebutuhan yodium untuk orang dewasa mencapai 150 mikrogram (mcg) per hari. Kebutuhan ini akan bertambah menjadi 220 mcg per hari bagi ibu hamil dan 290 mcg per hari bagi ibu yang sedang menyusui.

BACA JUGA:Makin Praktis! QRIS Transfer di BRImo Bisa Kirim dan Terima Dana Tanpa Input Nomor Rekening

Sebagian orang bisa memenuhi kebutuhan yodium atau io dari makanan atau garam beryodium. Meski begitu tetap ada kelompok yang berisiko mengalami kekurangan yodium seperti wanita hamil, orang yang menjalani diet vegetarian atau vegan. 

Lalu orang yang tidak menggunakan garam beryodium dan penduduk suatu wilayah yang tanahnya hanya mengandung sedikit yodium.

BACA JUGA:Gula atau Garam, Mana yang Paling Berbahaya untuk Tubuh, Hindari Makanan Siap Saji dan Kemasan

Nah kekurangan yodium akan menyebabkan penurunan produksi hormon tiroid dan munculnya penyakit gondok. Gejalanya mirip dengan penyakit hipotiroidisme, seperti pembengkakan pada leher, badan lesu, kulit dan rambut rapuh, serta mudah kedinginan.

kamu perlu tahu makanan yang menjadi sumber yodium. Umumnya memang makanan yang berasal dari laut.

BACA JUGA:Jika Ingin Beribadah Harus ke Negara Tetangga, 6 Negara Ini Tidak Mempunyai Masjid

Namun, ada pula beberapa makanan lain yang menjadi sumber mineral ini. Selain garam beryodium, ada berbagai jenis makanan yang paling banyak mengandung yodium.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: