HONDA

Jangan Dianggap Remeh, Inilah 5 Mitos Kejawen Jika Menanam Bunga Kenanga Depan Rumah

Jangan Dianggap Remeh, Inilah 5 Mitos Kejawen Jika Menanam Bunga Kenanga Depan Rumah

Jangan Dianggap Remeh, Inilah 5 Mitos Kejawen Jika Menanam Bunga Kenanga Depan Rumah--rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Bunga Kenanga dengan nama ilmiah Cananga odorata merupakan nama bagi sejenis bunga dan pohon yang menghasilkan bunga dan buah yang mengeluarkan bau harum. 

Dimana ada dua kelompok utama kenanga yang dibudidayakan yaitu kelompok Cananga dengan nama ilmiahnya forma marcophylla Steeins dan Ylang-ylang dengan nama ilmiahnya forma genuina Steeins.

BACA JUGA:Simak Rincian Dana Desa 2024 Banyumas 1, Jawa Tengah! 208 Desa 1 Miliar

Umumnya kenanga biasa adalah tumbuhan asli di Indonesia dan ylang-ylang merupakan tumbuhan asli Filipina. Kenanga sering juga ditanam di Polinesia, Melanesia, dan Mikronesia. 

Sedangkan di Indonesia, bunga kenanga banyak menempati peran di dalam upacara-upacara khusus, misalkan dalam upacara perkawinan. Kenanga adalah flora identitas dari Provinsi Sumatra Utara.

BACA JUGA:Rincian Dana Desa 2024 Cilacap 2, Jawa Tengah! Simak Jawabannya di Sini

Perkembangbiakkan bunga kenanga ada dua cara yaitu dengan cara generatif melalui biji dan vegetatif melalui cangkok atau pun sambungan.

Kenanga dapat tumbuh baik di seluruh Indonesia dengan ketinggian tempat di bawah 1200 mdpl. Dimana pohon ini akan berbunga lebat, apabila tumbuh di dataran rendah yang beriklim panas serta lembab, dengan ketinggian antara 20 – 700 mdpl.  

BACA JUGA:Bolehkah Ibu Hamil Menikmati Emping Melinjo? Ini 4 Tips Aman Mengonsumsinya

Dengan curah hujan yang dibutuhkan berkisar di antara 250-4000 mm per tahun dengan bulan kering mencapai 4 bulan lamanya. Sedangkan suhu yang dibutuhkan rata-rata tanaman ini berkisar antara 10-35°C, dan yang optimum 18-25 derajat. 

Bunga kenanga dapat tumbuh di daerah dengan curah hujan 1500-2000 mm dan suhu rata-rata tahunan 21-27 derajat. Umumnya tinggi pohon kenanga dapat mencapai sekitar 12 meter.

BACA JUGA:Simak Rincian Dana Desa 2024 Cilacap 1, Jawa Tengah! 197 Desa 1 Miliar

Selain itu, biasanya bunga kenanga mekar di saat musim peralihan atau pancaroba dari kemarau ke musim penghujan sepanjang tahun.

Buah kenanga biasanya akan muncul ketika musim penghujan atau pun musim bunga terlewati sepanjang tahunnya. Dimana pohon kenanga dapat mencapai tinggi hingga lebih kurang 10 meter dengan batangnya berkayu, bercabang dan berwarna hijau tua. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: