HONDA

Tips Sehat dan Bugar Saat Lansia, Terapkan 7 Langkah Menjaga Kesehatan Ini

Tips Sehat dan Bugar Saat Lansia, Terapkan 7 Langkah Menjaga Kesehatan Ini

Terapkan 7 langkah menjaga kesehatan ini, tips sehat dan bugar saat lansia.--Foto: Freepik.com/ freepik

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Lanjut usia adalah salah satu siklus hidup manusia. Memasuki usia tua (lansia) tentu semua orang ingin memiliki masa tua yang menenangkan dan menyenangkan, terbebas dari ancaman berbagai penyakit yang timbul akibat penurunan fungsi tubuh.

Oleh karena itu  gaya hidup sehat merupakan satu-satunya cara agar masa lansia terhindar dari penyakit berbahaya karena di masa lansia akan mengalami perubahan, baik secara fisik dan mental.

Beberapa masalah kesehatan yang sering dijumpai pada lansia adalah dengan perubahan secara fisik yaitu masalah kesehatan akibat proses penuaan, terjadinya kemunduran fungsi sel-sel tubuh, dan menurunnya fungsi sistem imun tubuh sehingga mucul penyakit-penyakit, gangguan gizi, penyakit infeksi, masalah kesehatan gigi dan mulut dan lain-lain.

BACA JUGA:Fakta Negara Jepang, Standar Jam Kerja Tinggi Dikuasai Lansia, Alami Krisis Populasi

Sedangkan beberapa penyakit yang sering dialami oleh lansia yaitu pneumonia, penyakit paru kronis, gagal jantung, osteoartritis, infeksi saluran kemih, diabetes melitus dan hipertensi.

Selain itu, beberapa permasalahan berkaitan dengan perubahan mental pada lansia yang disebabkan oleh penurunan kognitif dan psikomotorik.

Dari segi mental emosional sering kali muncul perasaan khawatir, depresi, perasaan tidak berharga, perasaan tidak aman, perasaan tidak berguna lagi, dan kesepian (loneliness) pada lansia itu sendiri.

Menjaga kesehatan mental pada lansia perlu dilakukan pemeriksaan kesehatan jiwa. Perencanaan kesehatan mental pada lansia antara lain pemberian obat, psikoterapi (terapi psikis), dan sosial dengan membiarkan lansia untuk bersosialisasi dengan masyarakat sekitar.

BACA JUGA:Rahasia Tubuh Bugar dan Sehat Bagi Lansia, Ini 5 Jenis Olahraga yang Cocok

Dirangkum dari berbagai sumber berikut ini cara yang dapat dilakukan untuk menjaga kesehatan lansia baik secara fisik maupun mental antara lain : 

1.   Tetap aktif

Aktif bergerak dan berolahraga mampu menjaga fisik dan mental lansia agar tetap sehat. Selain itu rutin berolahraga juga dapat membantu agar terhindar dari berbagai penyakit serius hingga disabilitas yang biasanya akan muncul di masa lansia. Namun penting untuk menyesuaikan jenis olahraga dan intensitas aktivitas yang dilakukan.

2.   Menjaga berat badan tetap ideal

Mengkonsumsi makanan dengan gizi seimbang dapat menjaga berat badan tetap ideal agar dapat meningkatkan kesehatan tubuh.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: