HONDA

Cerita Sukses AgenBRILink Bantu Salurkan Pinjaman Ultra Mikro ke Petani di Desanya

Cerita Sukses AgenBRILink Bantu Salurkan Pinjaman Ultra Mikro ke Petani di Desanya

Bantu salurkan pinjaman ultra mikro ke petani di desanya, cerita sukses AgenBRILink.--dokumen/rakyatbengkulu.com

BACA JUGA:Berawal dari Counter Pulsa, AgenBRILink Tak Pernah Sepi Pengunjung di Pasar Kramat Jati

Di lain sisi, Sarip juga mengungkapkan bahwa dalam sehari, ia bisa melayani hingga ratusan transaksi. Transaksi yang dilakukan ini kebanyakan meliputi tarik tunai, transfer, serta setor simpanan.

Sarip pun menjelaskan bahwa setiap harinya jumlah transaksi bisa semakin bertambah, terutama pada saat musim panen padi tiba. 

Bantu Salurkan Pinjaman ke Para Petani 

Selain sebagai seorang pengusaha mikro dan AgenBRILink, Sarip juga membulatkan tekadnya untuk menjadi mitra Pembiayaan Ultra Mikro (UMi).

BACA JUGA:Bukti Keberpihakan Pada Ekonomi Kerakyatan, Kredit UMKM BRI Tembus Rp1.068,7 Triliun

Untuk mencari para nasabah, dirinya mengungkapkan bahwa bersosialisasi bersama masyarakat di sekitar jadi kunci yang utama dan harus dilakukan.

“Pertama-tama, saya bersosialisasi dulu dengan masyarakat di sekitar. Barulah setelah itu, saya seleksi lagi para calon peminjam yang memenuhi syarat dan ketentuan. Nah, untuk proses seleksi biasanya saya bertanya-tanya ke keluarga atau tetangga calon peminjam tentang background atau pekerjaan yang dilakukan,” ujar Sarip. 

Dijelaskan pula oleh Sarip bahwa para nasabah biasanya meminjam di kisaran Rp1-Rp10 juta. Sementara untuk jangka waktu atau angsuran umumnya sekitar 1-6 bulan.

Lebih lanjut, Sarip menambahkan bahwa kebanyakan para nasabah mengambil jangka waktu 6 bulan, karena rata-rata dari mereka berprofesi sebagai petani dan harus menunggu waktu panen dulu untuk melunasinya.

BACA JUGA:Portofolio Pembiayaan Berkelanjutan BRI Tumbuh Double Digit, Tembus Rp777 Triliun

“Kebanyakan para nasabah yang meminjam adalah petani. Jadi, dananya ini biasa dipakai untuk membayar obat padi, membeli tandur padi, serta membayar para pekerja,” tegasnya. 

Sebagai seorang AgenBRILink dan mitra UMi, Sarip merasa bersyukur dan senang karena bisa membantu masyarakat di desanya untuk lebih mudah dalam bertransaksi dan meminjam dana. 

“Saya sangat bersyukur kepada BRI karena telah memercayakan saya sebagai AgenBRILink dan UMi. Terlebih dengan adanya pinjaman ini sangat membantu saya dan masyarakat sekitar,” tutupnya. 

Hingga Desember 2023, BRI mencatat jumlah AgenBRILink sebanyak 740.818 agen yang tersebar di 61.067 Desa di seluruh Indonesia. Sementara volume transaksi tercatat sebesar 1,43 Triliun.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: