HONDA

Baik untuk Kesehatan Ginjal, Ini 10 Manfaat Buah Lontar, Tekstur Buahnya Mirip Kolang Kaling

Baik untuk Kesehatan Ginjal, Ini 10 Manfaat Buah Lontar, Tekstur Buahnya Mirip Kolang Kaling

Baik untuk Kesehatan Ginjal, Ini 10 Manfaat Buah Lontar, Tekstur Buahnya Mirip Kolang Kaling--Dokumen/Rakyatbengkulu.Com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Belakangan ini buah lontar atau siwalan menjadi tren, setelah direview dan dicoba para selebgram dan TikTokers. Memang buah lontar ini punya 10 manfaat, salah satunya adalah baik untuk kesehatan ginjal.   

Daging buah lontar berwarna putih, teksturnya mirip dengan dengan kolang kaling. Pada bagian tengahnya terdapat sedikit air yang rasanya manis. 

BACA JUGA:Ramalan Shio 13 Februari 2024: Apakah Ada Keberuntungan Menanti di Hari Ini?

Buah lontar sendiri berwarna agak keunguan dan berbentuk hampir bundar. Dalam satu buah lontar berkulit berisi 3 buah daging buah yang berwarna putih dan banyak mengandung air. 

Buah lontar dengan nama latin Borassus flabellifer ini kaya akan nutrisi, banyak tumbuh di negara Asia Selatan dan Tenggara. 

BACA JUGA:9 Mitos Diabetes yang Perlu Diluruskan, Jangan Salah Paham Lagi

Khusus di Indonesia, buah lontar tumbuh subur di bagian timur Pulau Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur.

Hasil penelitian menunjukkan dalam 100 gram buah lontar mengandung berbagai air 93,0 ml, energi 27 kkal, protein 0,4 gr, lemak 0,2 gr dan karbohidrat 6,0 gr.

BACA JUGA:Warga BS Lapor Polisi Usai Perabotan Rumah Tangga Diangkut Penagih Utang

Kemudian juga ada kandungan serat 1,6 gr, kalsium 91 mg, fosfor 243 mg, zat besi 0,5 mg. Dengan kandungan tersebut tentu banyak manfaat buah lontar untuk kesehatan.

 

1. Mencegah dehidrasi

Tingginya kandungan air pada buah lontar membuat orang yang mengonsumsinya terhindar dari dehidrasi.

BACA JUGA:Kisah Tobat Sang Pendosa: Perampok Kelas Kakap yang Tidak Takut Tuhan

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: