HONDA

Astra dan PLN Berkolaborasi untuk Mendukung Transisi ke Energi Terbarukan

Astra dan PLN Berkolaborasi untuk Mendukung Transisi ke Energi Terbarukan

Untuk mendukung transisi ke energi terbarukan, Astra dan PLN berkolaborasi. --dokumen/rakyatbengkulu.com

TANGERANG, RAKYATBENGKULU.COM - Astra dan PT PLN (Persero) telah menjalin kerjasama untuk mempercepat transisi menuju energi bersih dengan mengembangkan infrastruktur kendaraan listrik, seperti Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU), dan memasang Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) Atap.

Kerjasama ini ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman (Memorandum of Understanding/MoU) pada acara The 11th Indonesia EBTKE ConEx 2023 di ICE BSD City, Tangerang pada Rabu, 12 Juli 2023.

Acara penandatanganan MoU ini dihadiri oleh Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Republik Indonesia, Arifin Tasrif.

Serta, Direktur PT Astra International Tbk (Astra) yang juga Presiden Direktur PT Astra Otoparts Tbk (Astra Otoparts), Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Direktur Astra Otoparts, Tujuh Martogi Siahaan.

BACA JUGA:Kontribusi Desa Sejahtera Astra dalam Meningkatkan Ekonomi dan Kesempatan Kerja Baru

Kemudian, Direktur PT Energia Prima Nusantara (EPN), Achmad Rizal Roesindrawan, dan Chief of Corporate Affairs Astra, Riza Deliansyah.

"Saya mengapresiasi badan usaha yang terus berupaya bekerjasama untuk mendukung Indonesia dalam progres pembangunan energi baru terbarukan dalam infrastruktur kita," ujar Menteri ESDM Republik Indonesia, Arifin Tasrif.

Hamdhani Dzulkarnaen Salim, Direktur Astra yang juga Presiden Direktur Astra Otoparts, menambahkan bahwa kolaborasi dengan PLN merupakan langkah yang tepat dan sejalan dengan tujuan Astra dalam mendukung pengembangan ekosistem kendaraan listrik serta percepatan transisi menuju energi bersih di Indonesia.

BACA JUGA:Festival Pendidikan Astra 2023: Masa Depan Pendidikan Berkelanjutan dalam Keberagaman dan Kesetaraan

"Kami percaya kolaborasi dengan PLN dapat mendukung tujuan Astra dalam menunjang upaya pemerintah mengembangkan ekosistem kendaraan listrik dan mengurangi emisi dengan meningkatkan penggunaan energi terbarukan dalam kegiatan operasional serta memperkuat pengembangan perusahaan Grup Astra menjadi lebih berkelanjutan dan tangguh di masa depan. Termasuk dalam percepatan pengembangan ekosistem kendaraan listrik, baik melalui charging machine yang kami kembangkan dan produksi sendiri maupun fasilitas pengisian daya mobil listrik bagi seluruh pengguna kendaraan listrik," ujar Hamdhani Dzulkarnaen Salim.

Dalam kerja sama ini, Astra Otoparts dan PLN berkolaborasi dalam pengembangan Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum (SPKLU) di Indonesia sebagai langkah awal Astra Otoparts untuk memperkuat eksistensinya di ekosistem elektrifikasi.

BACA JUGA:Grup Astra Bengkulu Salurkan Bantuan Sembako untuk Warga Kampung Berseri Astra di Lempuing dan Rawa Makmur

Kolaborasi antara Astra Otoparts dan PLN diharapkan dapat memberikan manfaat bagi pengguna kendaraan listrik dalam mengakses SPKLU.

Selain itu, Astra Otoparts dan PLN juga dapat bekerja sama dalam menyediakan instalasi mesin pengisian kendaraan listrik kepada pihak ketiga.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: