HONDA

Kapan Puasa Dimulai? Ini Penetapan Muhammadiyah Terkait Awal Ramadhan 2024

Kapan Puasa Dimulai? Ini Penetapan Muhammadiyah Terkait Awal Ramadhan 2024

Kapan Puasa Dimulai? Muhammadiyah Telah Menetapkan Awal Puasa 2024 Ramadhan--tiktok/politik indonesia

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Kapan puasa dimulai? Muhammadiyah sebagai salah satu lembaga Islam selain pemerintah telah menetapkan awal puasa tahun 2024 di bulan Ramadhan

Muhammadiyah menentukan puasa dan lebaran berdasarkan hasil hisab atau perhitungan yang dapat sesuai dengan rumusan Islam. Hingga berdasarkan hasil hisab sudah bisa ditetapkan awal puasa.

Kepastian hisab ini sudah dipublikasikan melalui Maklumat pimpinan pusat Muhammadiyah, yang menetapkan hari besar Islam yakni diantaranya Ramadhan, Idul Fitri Syawal, dan Idul Adha.

Kepastian informasi disampaikan oleh Sekretaris Pimpinan Pusat (PP) Muhammadiyah, Muhammad Sayuti pada akhir Januari 2024 lalu melalui Konferensi Pers di Kantor PP Muhammadiyah.

BACA JUGA:Resep Kolak Pisang, Menu Favorit Keluarga untuk Berbuka Puasa

Turut hadir pemimpin Muhammadiyah yakni Ketum PP Muhammadiyah Haedar Nashir, Sekretaris PP Muhammadiyah Muhammad Sayuti, Ketua Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah Hamim Ilyas.

Muhammad Sayuti mengatakan keputusan penetapan hari besar Islam dilakukan dengan menggunakan metode Hisab Wujudul Hilal Hakiki yang biasa dipakai dalam menentukan hari besar Islam. 

"Maklumat Pimpinan Pusat Muhammadiyah tentang Hasil Hisab Ramadan, Syawal, dan Zulhijah 1445 Hijriyah, Semoga dapat diikuti oleh warga Muhammadiyah,” kata Sayuti dikutip muhammadiyah.or.id.

Maklumat pada 12 Januari 2024 tersebut dengan No. 1/MLM/I.0/E/2024 ini ditandatangani oleh Ketua Umum PP Muhammadiyah, Haedar Nashir dan Sekretaris Umum PP Muhammadiyah, Abdul Mu’ti.

BACA JUGA:Resep Es Cendol, Santapan Nikmat dan Segar untuk Menu Berbuka Puasa

Beberapa hal yang diputuskan dan ditetapkan yakni:

1. Untuk Ramadhan 1445 Hijriah jatuh pada hari Senin yakni 11 Maret 2024 Masehi. 

2. Untuk 1 Syawal 1445 Hijriah jatuh pada hari Rabu Pahing yakni 10 April 2024 Masehi.

3. Untuk 1 Dzulhijah 1445 Hijriah jatuh pada sabtu Legi yakni 8 Juni 2024 Masehi.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: