HONDA

Ikan Karang Terbesar, Dagingnya Enak Dijadikan Sashimi, Bisa Melihat dari Sudut Pandang 180 Derajat

Ikan Karang Terbesar, Dagingnya Enak Dijadikan Sashimi, Bisa Melihat dari Sudut Pandang 180 Derajat

Ikan Karang Terbesar, Dagingnya Enak Dijadikan Sashimi, Bisa Melihat dari Sudut Pandang 180 Derajat--Fishing Blog/alphonsefishing//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Salah satu ikan berdarah biru yang berukuran raksasa adalah ikan napoleon atau Napoleon wrasse (Cheilunus undulatus). Ikan ini merupakan ikan karang yang hidup di daerah tropis. 

Dikatakan raksasa sebab panjangnya bisa mencapai 1.5 meter. Bahkan ada ikan yang ukurannya bisa mencapai 180 kg pada usia 50 tahun. Ikan napoleon hidup seperti ikan karang lain secara soliter. 

BACA JUGA:Menyusuri Kawasan Wisata Pecinan Kya Kya Surabaya, UMKM Semakin Berkembang Berkat Dukungan BRI

Menariknya daging ikan napoleon ini tergolong sangat enak bila dijadikan sashimi, sejenis makanan Jepang yang menyajikan ikan mentah dengan cocolan kecap atau wasabi. 

Bila beruntung, penyelam akan menemukan ikan ini berenang sendiri di sekitar karang. Ikan napoleon tergolong jinak dengan penyelam. 

BACA JUGA:Jelang Restrukturisasi Kredit COVID-19 Berakhir, BRI Siapkan Strategi Pencadangan Memadai

Biasanya ikan napoleon tidak terusik dengan aktivitas para penyelam. Menariknya hewan ini memiliki lingkar bola mata yang dapat melihat arah sudut pandang sampai 180 derajat. 

Lalu kebiasaan hidup sendiri pada kedalaman tertentu membuat ikan napoleon sangat dinantikan para penyelam untuk melihat atau memotret hewan ini. 

BACA JUGA:Program Kampus Mengajar Angkatan 7 Beraksi di 57 SD dan SMP di Kota Bengkulu

Biasanya ikan napoleon akan berenang sendiri mencari makan di dekat karang, makanannya berupa sea urchin, molusca dan crustacean memang banyak berada sekitar karang. Ikan napoleon tergolong hermaphrodite atau punya dua alat kelamin. 

Menariknya ikan napoleon akan lahir sebagai jantan dan berubah menjadi betina saat menjelang dewasa. Kamu akan menemukan dominasi jantan pada satu populasi ikan kecil sampai ukuran sedang. 

BACA JUGA:Kontribusi Positif Pertamina Patra Niaga Sumbagsel, Setor Pajak Rp200 Miliar ke Pemprov Bengkulu

Setelah sekian lama, berubah didominasi oleh populasi betina saat mendekati matang gonad. Fenomena unik ini merupakan salah satu strategi sebagian besar hewan laut untuk mempertahankan populasi mereka. 

Selain keunikan itu masih ada beberapa fakta menarik tentang ikan napoleon yang kini nyaris punah karena perburuan, terkait permintaan pasar yang cukup tinggi.  

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: