HONDA

7 Motif Batik Kagano Khas Bengkulu Utara, Bercorak Keanekaragaman Budaya

7 Motif Batik Kagano Khas Bengkulu Utara, Bercorak Keanekaragaman Budaya

7 Motif Batik Kagano Khas Bengkulu Utara, Bercorakan Keanekaragaman Budaya --Instagram/ditjenikma

Tepatnya di Air Terjun Kemumu, Bengkulu Utara menjadi salah satu tempat tumbuhnya bunga Rafflesia. Kawasan Air Terjun ini menjadikan bunga terbesar di dunia ini tumbuh subur.

3. Huruf Kaganga, Budaya Rejang

Suku asli Bengkulu Utara adalah Suku Rejang, dalam Batik Kagano tertulis huruf dengan ejaan atau aksara Kaganga. Saat ini aksara Kaganga memang terus dikembangkan oleh Pemerintah Daerah Utara.

BACA JUGA:Kenalkan Batik Besurek Bengkulu: Malam Puncak HUT ke-55 Provinsi Kepala OPD Pemprov Bergaya Ala Model Fashion

4. Ratu Samban

Dalam Batik Kagano ada tulisan Aksara Kaganga, tersebut tertulis nama Ratu Samban yakni gelar kepada Raja Mardjati yang merupakan pahlawan asal Provinsi Bengkulu dari Bintunan Batik Nau Utara.

5. Batu Akik Red Rafflesia

Motif lainnya yang bercorakan keanekaragaman budaya utara adalah Batu Akik Red Raflesia yang menjadi permata di batik Kagano Khas Bengkulu Utara tersebut.

Di Bengkulu Utara memang banyak ditemukan batu akik Red Rafflesia. Batu ini jernih dan berwarna merah terang atau merah fanta dan menjadi salah satu jenis batu yang banyak diburu kolektor.

6. Tiga Cula

Motif lainnya yakni lambang tiga cula yang merupakan gambaran dari lambang tugu Amanah Arga Makmur yang melambangkan perjuangan masyarakat Bengkulu Utara.

BACA JUGA:Holding Ultra Mikro Semakin Bermanfaat, Jokowi Apresiasi Produk Batik Nasabah Ini!

7. Pohon Inang Rafflesia

Pohon inang yang tak lain pohon bunga Rafflesia menghiasi batik kagano. Dengan motif garis meliuk-liuk tersebut menghiasi dan menambah keelokan batik Kagano Khas Bengkulu Utara.

Itulah, 7 motif yang menghiasi batik Kagano yang bercorakan keanekaragaman budaya yang ada di Bengkulu Utara. Sehingga saat ini menjadi oleh-oleh khas dari Bengkulu Utara.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: