HONDA

Ini ! 8 Cara Membuat Digital ID Pengganti e-KTP, Anda Bisa Akses Melalui Smartphone

Ini ! 8 Cara Membuat Digital ID Pengganti e-KTP, Anda Bisa Akses Melalui Smartphone

Ini ! 8 Cara Membuat Digital ID Pengganti e-KTP, Anda Bisa Akses Melalui Smartphone--DOK/RB

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Sekalipun Identitas Kependudukan Digital (IKD) memiliki keunggulan lebih dibandingkan elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP), Dukcapil Kementerian Dalam Negeri memastikan Digital ID tidak serta merta menggantikan e-KTP

e-KTP dan IKD akan saling melengkapi, e-KTP pun masih tetap berlaku mengingat beberapa kondisi seperti penduduk yang tidak memiliki smartphone, tidak terbiasa menggunakan smartphone.

Ditjen Dukcapil Kemendagri pun belum mewajibkan masyarakat di tanah air untuk segera melakukan aktivasi IKD di tahun 2024 ini. 

Meski demikian, pemerintah melalui Ditjen Dukcapil Kemendagri terus memberikan imbauan kepada masyarakat di Indonesia untuk bisa mengaktifkan identitas kependudukan digital.

BACA JUGA:Mall Pelayanan Publik Seluma Tahun Depan Terbentuk, Kini Buat e-KTP dan Baca Buku sudah Bisa

BACA JUGA:Lebih Mudah, Cetak E-KTP dan KK Bisa di Kantor Camat Ipuh, Alat Sudah Dibeli

Bisa Akses Melalui Smartphone

Sebelumnya, rakyatbengkulu.com sudah menjelaskan mengenai IKD ini melalui artikel dengan judul "IKD Gantikan e-KTP, 6,850 Juta Warga Sudah Mengaktifkan, Ini Keunggulan dan Cara Aktivasinya"

Anda pun bisa klik link tersebut.

IKD yang merupakan identitas kependudukan dalam bentuk aplikasi digital ini dapat juga diakses melalui smartphone. IKD dapat diaktifkan melalui ponsel, yaitu melalui aplikasi IKD yang dapat diunduh di PlayStore maupun AppStore.

Bagi Anda yang ingin melakukan aktivasi IKD melalui smartphone, tentunya wajib memastikan dan menyiapkan ponsel dengan akses internet, NIK, alamat email aktif, dan nomor ponsel aktif.

BACA JUGA:Dapil 4 Kota Bengkulu: PKB Geser Kursi PKS, Gerindra Turunkan Hanura

BACA JUGA:Dapil 2 Kota Bengkulu: PDIP Dilengser Gerindra, Terbaru Caleg Bakal Duduk

BACA JUGA:Dapil 1 Kota Bengkulu: Terbaru Ini Caleg DPRD Bakal Duduk

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: