HONDA

Baca Doa Ini Pada Hari Senin, Ini 7 Peristiwa yang Terjadi Pada Hari Senin, Waktu Turunnya Al-Quran

Baca Doa Ini Pada Hari Senin, Ini 7 Peristiwa yang Terjadi Pada Hari Senin, Waktu Turunnya Al-Quran

Baca Doa Ini Pada Hari Senin, Ini 7 Peristiwa yang Terjadi Pada Hari Senin, Waktu Turunnya Al-Quran--Ilustrasi/ana mariyohana/bing image creator/rakyatbengkulu.disway.id

BACA JUGA:Kerugian Negara Dana Desa Suban Dikembalikan Rp205 juta, Ini Tanggapan Polres Seluma

Peristiwa turunnya Al-Quran diawali dengan puasa yang dilakukan Rasulullah, SAW berpuasa pada hari itu. Langkah itu sebagai wujud rasa syukur pada Allah, SWT atas limpahan rahmat Allah, SWT. Bertepatan dengan memberikan keteladanan pada umat Rasulullah, SAW.

Turunnya Al-Quran bertepatan dengan bulan Ramadhan. Tepatnya pada malam Lailatul Qadar. Ulama sepakat bahwa Al-Quran diturunkan ke Baitul Izzah di langit dunia secara utuh.

Baru kemudian berangsur diturunkan melalui malaikat Jibril selama 23 tahun. Al-Quran diturunkan semenjak Rasulullah, SAW diutus menjadi Rasul sampai wafat selama 13 tahun di Makkah dan 10 tahun di Madinah. 

BACA JUGA:12 Shio dengan Sifat Buruk: Ini Perlu Kamu Tahu Karakter Negatif dalam Zodiak

Dari Jibril Al-Quran diturunkan secara bertahap berdasar sebab tertentu di tiga tempat. Masing-masing Makkah al-Mukarramah, Madinah al-Munawwarah dan di Baitul Maqdis.

 

3. Hari Pengampunan dan Pintu Surga Dibuka

Berikutnya ada peristiwa dibukanya pintu surga dan pengampunan dilimpahkan kepada hamba-hamba Allah, SWT. Rasulullah SAW mengatakan pintu-pintu surga akan dibuka pada hari Senin dan Kamis. 

Semua hamba yang tidak menyekutukan Allah, SWT akan diampuni dosa-dosanya, kecuali orang yang bermusuhan dengan sesama saudaranya.

BACA JUGA:12 Shio dengan Sifat Buruk: Ini Perlu Kamu Tahu Karakter Negatif dalam Zodiak

 

4. Hari Amalan Manusia Diperiksa

Selain itu, ternyata hari Senin juga merupakan hari penyetoran amal ibadah manusia pada Allah, SWT. Ini tertuang dalam hadis yang diriwayatkan oleh Muslim. 

Dimana amal manusia akan diperuiksa dihadapan Allah, SWT setiap pekan pada 2 hari, yakni setiap hari Senin dan Kamis. Hamba yang beriman akan diampuni dosanya, kecuali orang yang bermusuhan. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: