HONDA

Kaya Zat Besi dan Vitamin B5, Cocona Bisa Mencegah Gangguan Fungsi Ginjal, Terancam Perubahan Iklim

Kaya Zat Besi dan Vitamin B5, Cocona Bisa Mencegah Gangguan Fungsi Ginjal, Terancam Perubahan Iklim

Kaya Zat Besi dan Vitamin B5, Cocona Bisa Mencegah Gangguan Fungsi Ginjal, Terancam Perubahan Iklim--Blogspot.com//perudelights//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.Com - Salah satu buah dari hutan hujan Amazon, Peru berupa kelapa atau cocona atau tomat amazon atau tomate amazonico jarang diketahui masyarakat luar. 

Sebab memang sebagian besar produksi ditujukan untuk konsumsi sendiri. Selain di Peru, cocona juga ditemukan di wilayah Andes, Amerika Selatan. 

Bahkan tanaman cocona ini terancam akibat perubahan iklim dan migrasi penduduk lokal, sehingga banyak yang meninggalkan pertanian.

BACA JUGA:Aktor Hollywood Will Smith Akui Kagum Al-Quran Hingga Khatam 30 Juz di Bulan Ramadhan

Buah cocona ini kaya akan zat besi dan vitamin B5. Vitamin B5 ini fungsinya membantu tubuh memecah karbohidrat, protein dan lemak. Kandungan lainnya berupa kalsium dan fosfor.

Sehingga bisa mencegah gangguan fungsi ginjal dan dan hati. Selain itu, juga berfungsi menjaga kesehatan jantung, menunjang kesehatan kulit hingga meningkatkan imunitas tubuh.

Sayangnya pengetahuan dan konsumsi buah cocona ini terbatas hanya di Amazon. Karena memang buah cocona atau kelapa ini dimanfaatkan untuk konsumsi dalam negeri. 

BACA JUGA:Viral di Media Sosial, Janda Asal Bengkulu Tewas Dibacok 17 Liang di Sekujur Tubuh

Cocona atau kelapa (Solanum sessiliflorum duna l)  merupakan buah berry berwarna merah, oranye atau kuning yang bisa dimakan dengan ukuran mirip cabai merah kecil. 

Meski bisa dimakan, bila kamu konsumsi langsung rasanya pahit. Biasanya buah cocona ini dimanfaatkan untuk membuat minuman, berupa jus manis yang menyegarkan.

Tapi ada juga yang menambahkan buah cocona ini ke salad. Kemudian ditambahkan dengan saus salsa Amazon. Saus ini merupakan menu tradisional yang ditambahkan keripik pisang raja.

BACA JUGA:30 Nama Anak Perempuan Estetik ala Wanita Kerajaan Inggris yang Memikat

 

Deskripsi 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: