HONDA

DPRD Provinsi Dukung Pemprov Lestarikan Adat Masyarakat Bengkulu

DPRD Provinsi Dukung Pemprov Lestarikan Adat Masyarakat Bengkulu

DPRD Provinsi Dukung Pemprov Lestarikan Adat Masyarakat Bengkulu--Dokumen/rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM -  Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu berencana mengakomodir usulan Badan Musyawarah Adat (BMA) Provinsi Bengkulu untuk optimalisasi kelestarian dan perkembangan adat masyarakat Bengkulu. 

Hal ini mendapat apresiasi dari anggota DPRD Provinsi Bengkulu, Drs. H. Sumardi,MM.

"Kami di DPRD Provinsi melihat ini sebagai langkah yang sangat positif. Pelestarian adat dan budaya adalah hal penting, dan sinergi antara Pemprov dengan BMA dapat menjadi contoh baik dalam upaya pelestarian budaya lokal," kata Sumardi.

Usulan BMA yang diterima Pemprov Bengkulu meliputi laporan hasil Musyawarah Daerah Kebudayaan Badan Musyawarah Adat (Musda KBMA) dengan kepengurusan baru dan keterlibatan semua etnis, serta penguatan lokal wisdom yang akan disinergikan dengan KUHP yang bersifat lokal. 

BACA JUGA:Jalani Program Rutin, DWP Sekwan Provinsi Bengkulu Sambangi Panti Asuhan

Selain itu, optimalisasi kantor BMA dan pembaharuan Rumah Adat Bengkulu juga menjadi bagian dari usulan tersebut.

"Pendidikan tentang kebudayaan lokal dari tingkat dasar hingga menengah adalah penting untuk memastikan bahwa generasi muda mengerti dan menghargai warisan budaya mereka. Saya mendukung penuh usulan BMA agar lokal wisdom diintegrasikan dalam kurikulum sekolah," tambahnya.

Gubernur Rohidin telah menyatakan kesiapannya untuk merealisasikan usulan tersebut, yang menurut Sumardi adalah langkah yang akan memperkuat identitas budaya Bengkulu dan meningkatkan rasa memiliki dan kebanggaan terhadap warisan lokal di kalangan generasi muda.

"Kami di DPRD akan terus memantau dan mendukung implementasi dari usulan ini. Kami percaya bahwa dengan upaya bersama, kita dapat memastikan bahwa budaya Bengkulu akan terus hidup dan berkembang," tutup Sumardi.(Advertorial)

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: