HONDA

Ini Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Fitri 1445 H, Dirilis KemenPAN-RB

Ini Jadwal Libur Nasional dan Cuti Bersama Idul Fitri 1445 H, Dirilis KemenPAN-RB

KemenpanRB Rilis Hari Libur Nasional Dan Cuti Bersama Pada Idul Fitri 1445 Hijriyah--Instagram/kemenpanrb

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM  - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) RI merilis hari libur nasional dan cuti bersama pada Idul Fitri 1445 Hijriyah. 

Sebagai kementerian yang mengurusi masalah ketertiban dan pendayagunaan aparatur negara, KemenPAN-RB melakukan pengumuman terkait hari libur nasional dan cuti bersama.

Peraturan tersebut sebagai tolak ukur dari pemerintah untuk masyarakat umum, selama 6 hari terhitung dari tanggal 7 April 2024 nanti hingga tanggal 15 April 2024 untuk libur Idul Fitri 1445 Hijriyah.

Dikutip dari akun instagramnya  KemenPAN-RB mengumumkan untuk hari libur nasional dan cuti bersama pada pada tanggal 7 hingga 15 April 2014 dan masuk kembali pada 16 April 2024.

BACA JUGA:Cek Dulu Yuk, 7 Tips Meninggalkan Rumah Saat Mudik Lebaran 2024 Agar Tetap Aman

Selama 6 hari Aparatur Sipil Negara dan para jajaran eksekutif dan legislatif dapat menaati peraturan libur tersebut, sesuai dengan peraturan pemerintah dalam 3 SKB Menteri.

Kesepakatan pemerintah ini tetuang dalam SKB 3 Menteri dalam menetapkan Hari Libur Nasional dan Cuti Bersama tahun 2024 yaitu Menteri Agama, Menteri Ketenagakerjaan, Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi.

Untuk itu berdasarkan semua kesepakatan tersebut disetujui bahwa untuk liburan nasional Idul Fitri tersebut selama 6 hari, sedangkan untuk lebaran sendiri akan ditetapkan pada tanggal 10 dan 11 April 2024 ini.

Lebaran kali ini telah ditetapkan oleh organisasi keagamaan masyarakat yakni Muhammadiyah dalam maklumatnya terjadi pada 10 April 2024, begitupun pemerintah tidak akan berbeda jauh dalam penetapan 1 Syawal nanti.

BACA JUGA:Mudik Jadi Lebih Tenang, Berikut Lokasi dan Biaya Parkir Inap di Terminal 2 Bandara Soekarno Hatta

Sesuai dengan hilal dan sidang isbat yang nanti akan dilakukan sekitar tanggal 10 dan 11 April 2024, sehingga libur lebaran kali ini H+5 pasca lebaran hampir 1 minggu pemerintah sudah masuk kembali bekerja.

Selain itu juga  KemenPAN-RB memberikan tips untuk mudik yang aman dan nyaman, yang bisa kamu lakukan dalam liburan nasional Idul Fitri 1445 Hijriyah, yakni:

1. Jaga Kesehatan

Pastikan tubuh dalam kondisi yang fit dan jaga pola tidur yang baik karena perjalanan panjang dapat menguras energi kamu dalam melaksanakan mudik nanti, sehingga tubuh prima sangat penting.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: