HONDA

Babe Cabita Meninggal Dunia Idap Anemia Aplastik, Berikut Penjelasan Penyakit Langka Tersebut

Babe Cabita Meninggal Dunia Idap Anemia Aplastik, Berikut Penjelasan Penyakit Langka Tersebut

Babe Cabita Meninggal Dunia Idap Anemia Aplastik, Berikut Penjelasan Penyakit Langka Tersebut--Instagram/babecabita

BACA JUGA:WOW! Ternyata Buah Duku Bermanfaat Bagi Penyakit Jantung, Terdapat Kandungan Ini

Ini tergolong pada penyakit kronis yang dapat bertahan selama bertahun-tahun atau seumur hidup, namun tidak untuk Babe Cabita yang pergi meninggalkan dunia pada pukul 06.38 WIB tadi pagi.

Lebih terang mengenai penyakit Anemia aplastik adalah salah satu jenis kelainan darah akibat ketidak berhasilan sumsum tulang untuk memproduksi salah satu atau seluruh sel darah, baik sel darah merah, sel darah putih.

Penyakit ini cukup langka, 15 ribu pertahun di Indonesia dan dapat terjadi secara tiba-tiba, atau perlahan datang dan memburuk seiring berjalannya waktu, akibatnya tubuh akan menjadi lelah.

Selain itu, juga sangat rentan terhadap infeksi serta pendaharan yang tidak terkontrol, umumnya terjadi pada individu berusia dua dan tiga puluhan seperti umur Babe Cabita serta pada individu lanjut usia. 

BACA JUGA:Rasakan Dahsyatnya Rebusan Nanas dan Kayu Manis, Penyakit Auto Minggir!

Penyakit Anemia Aplastik muncul seperti genetik, kondisi yang berhubungan dengan sistem imun, obat-obatan, paparan radiasi atau bahan kimia, tetapi ada juga yang tidak diketahui penyebabnya.

Dalam mendiagnosis anemia aplastik, diperlukan biopsi sumsum tulang yang seperti dilakukan oleh dokter Babe Cabita dalam mendalami kasus yang dialaminya. 

Persentase sel punca darah berkisar antara 30-70% untuk kesehatan sumsum tulang belakang tetapi pada penderita anemia aplastik sel-sel ini sebagian besar tidak ada dan digantikan oleh jaringan adiposa.

Bagaimana cara pengobatannya, yakni dengan obat imunosupresif seperti globulin anti-limfosit atau globulin anti-timosit setelah itu yang dikombinasikan dengan kortikosteroid, kemoterapi dan siklosporin. 

BACA JUGA:Manfaat dan Khasiat Batu Akik Menurut Warna, Tidur Lebih Nyenyak Hingga Menyembuhkan Penyakit

Untuk penderita dibawah umur 30 tahun dapat menggunakan cara transplantasi sel punca hematopoietik, juga merupakan pilihan mencari donor yang cocok.

Selain Babe Cabita ada beberapa nama yang juga mengalami nasib yang sama yakni Eleanor Roosevelt, Luana Reyes, dan Marie Curie, mereka juga orang-orang terkenal yang meninggal dunia akibat penyakit langka tersebut.

Jenisnya ada dua yakni Acquired aplastic anemia adalah jenis anemia aplastik yang biasanya dijumpai pada orang dewasa, kelainan yang mengganggu sistem imun tubuh (gangguan autoimun).

Kedua Inherited aplastic anemia, jenis anemia aplastik yang terjadi akibat turunan genetik orang tua atau keluarga dan terjadi pada anak-anak hingga remaja, sangat berisiko mengalami kanker, seperti leukemia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: