HONDA

Planet Terkecil dan Memiliki Ekor, Ini 7 Fakta Unik Merkurius, Permukaannya Bisa Sangat Panas atau Dingin

Planet Terkecil dan Memiliki Ekor, Ini 7 Fakta Unik Merkurius, Permukaannya Bisa Sangat Panas atau Dingin

Planet Terkecil dan Memiliki Ekor, Ini 7 Fakta Unik Merkurius, Permukaannya Bisa Sangat Panas atau Dingin --Ilustrasi/ fran sinatra/ bing image creator ai/ rakyatbengkulu.disway.id

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Planet paling kecil dalam tata surya dan mempunyai ekor serta paling dekat degan matahari adalah merkurius. Dimana ukuran planet tersebut sedikit lebih besar dari pada bumi.

Dengan atmosfernya yang padat, merkurius bukanlah planet yang paling panas diantara planet di tata surya, walaupun paling dekat dengan matahari. Ini 7 fakta unik planet merkurius. 

Dimana permukaan dari merkurius, bisa sangat panas maupun sangat dingin. Disiang hari suhunya bisa mencapai sekitar 430 derajat celcius, sedangkan pada malam harinya suhu bisa turun hingga minus 180 derajat celcius.

BACA JUGA:Tabel Rincian Dana Desa 2024 Kabupaten Way Kanan, Lampung: Ini Lengkapnya

Suhu pada siang hari di Merkurius bisa mencapai 430 derajat celsius. Merkurius mempunyai radius 2.444 km, ukurannya lebih dari 1/3 (sepertiga) daripada lebar bumi. Mempunyai orbit yang berbentuk elips.

Selama 59 hari di bumi sama dengan satu hari di merkurius serta satu tahunnya 88 hari, sama dengan di bumi. Yuk, kita mengenal planet yang pertama dan paling dekat dengan matahari dalam tata surya kita.

 

1. Asal-usul nama 

Dilansir dari berbagai sumber, nama dari planet Merkurius diambil dari nama dewa Romawi kuno yaitu Merkurius. Setara dengan dewa Yunani Hermes.

BACA JUGA:Kisah Ali Ashghar Putra Imam Hussein, Bayi yang Syahid pada Peristiwa Karbala

Dalam satu tahun, merkurius mengorbit matahari setiap 88 hari di bumi, dimana hal tersebut lebih cepat jika dibandingkan dengan planet lain.

Hal tersebutlah yang dijadikan alasan oleh orang-orang zaman Romawi kuno dengan menyebut planet kecil tersebut dengan dewa Merkurius.

 

2. Punya lintasan orbit khas 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber:

"
"