HONDA

Rasanya Renyah dan Beraroma Khas, Ini 13 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Kadar Kolesterol

Rasanya Renyah dan Beraroma Khas, Ini 13 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Kadar Kolesterol

Rasanya Renyah dan Beraroma Khas, Ini 13 Manfaat Rebung Bagi Kesehatan, Bisa Mengurangi Kadar Kolesterol --Pixabay.com/Pixabay//

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Menjadi salah satu bahan baku yang bisa diolah menjadi banyak menu membuat rebung menjadi salah satu komoditi diminati. 

Bahkan ada rebung kalengan dan ada juga rebung yang dikemas menarik untuk dijual di mal-mal atau swalayan. Rebung ini rasanya unik dan punya 13 manfaat bagi kesehatan tubuh. Salah satunya bisa mengurangi kadar kolesterol. 

Rebung mengandung banyak nutrisi seperti vitamin dan mineral yang dibutuhkan tubuh. Diantaranya ada serat, tembaga, vitamin B6 dan E dalam setiap porsinya. 

BACA JUGA:Antara Persaingan dan Inspirasi: Red Spark vs Timnas Indonesia

Selain itu juga ada kandungan kalopri, protein, lemak, karbohidrat, riboflavin, Vitamin K, Vitamin E, tiamin, fosfor, kalium dan zat besi. 

Sebenarnya rebung adalah pucuk atau tunas muda tanaman bambu. Orang Asia, termasuk Indonesia  memanfaatkan rebung bambu sebagai bahan makanan. Sebab teksturnya renyah, rasa manis dan aroma khas. 

Beberapa olahan dari rebung diantaranya isian lumpia, makanan khas Semarang. Ada juga rebung sebagai bahan utama dalam masakan khas Jawa Tengah, seperti sayur lodeh. 

BACA JUGA:Mall Pelayanan Publik Permudah Pelayanan, Diresmikan Mendagri

di Provinsi Bengkulu dan Sumatera pada umumnya, rebung dimasak santan dicampur dengan ikan. Bahkan ada juga yang mencincang rebung kemudian difermentasi beberapa hari menjadi lemea. 

Teknilogi modern ini bisa mengolah rebung menjadi tepung rebung yang mengandung pati tinggi. Lalu ada cuka rebung, keripik rebung, rebung beku dan asinan rebung. Mari simak manfaat rebung bagi kesehatan. 

 

1. Mengurangi Kadar Kolesterol

Salah satu fungsi adalah mengatur kadar kolesterol. Ternyata rebung bisa membantu mengurangi kadar kolesterol dalam tubuh, guna meningkatkan kesehatan jantung. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: