HONDA

Bukan Hanya RA Kartini, Ini Dia Beberapa Pahlawan Wanita dari Sumatera Barat

Bukan Hanya RA Kartini, Ini Dia Beberapa Pahlawan Wanita dari Sumatera Barat

Bukan Hanya RA Kartini, Beberapa Pahlawan Wanita dari Sumatera Barat--Instagram.com/Memori.Kolektif

Rohana Kudus dikenal sebagai multitalenta karena juga dapat berperan sebagai seorang penulis, wirausaha, dan juga pemimpin redaksi di berbagai surat kabar wanita.

Diketahui Rohana Kudus yang lahir pada tanggal 20 Desember 1884 ini juga pintar didalam 3 bahasa yaitu bahasa Arab, latin, dan juga Arab Melayu.

4. Inyiak Upiak Palatiang

Berikutnya ada Inyiak Upiak Palatiang tokoh wanita yang juga berasal dari Sumatera Barat. 

Inyiak Upiak Palatiang ini juga dikenal sebagai pendekar dikarenakan menguasai aliran silat gunung yang berkembang di Minangkabau.

BACA JUGA:Disebabkan oleh Proses Asimilasi Berbagai Suku Bangsa, Ini Asal Usul Suku Melayu Bengkulu

Inyiak Upiak Palatiang ini juga pecinta seni, dimana dirinya banyak menciptakan pantun - pantun pertunjukan randai, dan juga syari dendang.

5. Rahma El Yunusiyah

Terakhir ada Rahma El Yunusiah, diketahui wanita ini dikenal sebagai tokoh ulama wanita yang dapat mendirikan Perguruan Diniyah Putri di Padang Panjang.

Bahkan, tokoh wanita Rahma El Yunusiyah ini juga menjadi wanita pertama yang mendapatkan gelar syaikhah dari Universitas Al Azhar Mesir. 

Adapun Penghargaan tersebut di dapatkannya sebagai apresiasi atas program pembangunan pendidikan wanita di Universitas Al-Azhar.

BACA JUGA:Sarat akan Makna, Kain Tenun Tradisional Suku Rejang Bengkulu serta Kedudukan Wanita yang Memakainya

Nah itulah tadi para pahlawan wanita yang berasal dari Sumatera Barat, yang berjuang untuk mengangkat hak - hak kaum wanita dan juga menghadapi penjajah, semoga bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: