Awalnya Perusahaan Pembuat Pesawat, Ini Sejarah Vespa Legendaris Piaggio
Ini sejarah Vespa legendaris Piaggio yang awalnya perusahaan pembuat pesawat.--Facebook.com/KkBronk
BACA JUGA:Siapa Sangka? Ternyata Begini Sejarah dan Asal Usul Nasi Padang, Makanan Populer Khas Sumatera Barat
Berawal dari ketidaksukaannya tersebut, D'Ascanio lalu mendesain ulang skuter dengan mesin yang terpasang di samping roda belakang.
Selain itu roda digerakkan langsung dari transmisi, menghilangkan rantai penggerak sehingga tidak akan ada cipratan oli dan juga kotoran.
Selanjutnya dengan mesin terpasang di samping, D'Ascanio juga menghilangkan bagian tinggi dari rancangan MP5 Paperino yang tidak disukai oleh Enrico Piaggio.
Diketahui D'Ascanio juga menyempurnakan rancangan suspensi depan tunggal, roda depan dan belakang kecil yang bisa saling ditukarkan, serta roda cadangan.
BACA JUGA:Asal Usul Suku Lembak, Salah Satu Suku Bangsa Asli Bengkulu
Pada desain tuas kontrol di stang, rangka baja monokok dan bodywork tertutup dengan pelindung depan yang tinggi seperti pada MP5 Paperino tetap dipertahankan.
Ketika melihat prototipe buatan D'Ascanio untuk pertama kalinya, sang pemilik perusahaan Enrico Piaggio sangat gembira dan langsung berkata, Seperti tawon! (dalam bahasa Italia).
Selanjutnya Enrico Piaggio langsung menamai skuter barunya pada saat itu dengan nama VESPA dikarenakan bentuk bodi skuter tersebut seperti tawon.
Akhirnya setelah mendapatkan paten pada tahun 1946.
BACA JUGA:Asal Usul Suku Serawai Bengkulu Merupakan Keturunan Si Pahit Lidah, Benarkah?
Piaggio segera memproduksi skuter ini, dimana Piaggio menjual sekitar 2.500 unit Vespa pada tahun 1947.
Lalu lebih dari 10 ribu unit pada tahun 1948 dan 20 ribu di tahun 1949 dan lebih dari 60 ribu unit di tahun 1950.
Lalu kemudian Enrico Piaggio secara cerdas memanfaatkan dunia perfilman Holywood untuk promosi produk Vespanya.
Adapun trik promosi ini menghasilkan lebih dari 100 ribu unit penjualan Vespa di tahun berikutnya.
Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Sumber: