HONDA

Terobosan Terbaru Perusahaan Anak Bangsa, Pemadam Api Revolusioner untuk Baterai EV

Terobosan Terbaru Perusahaan Anak Bangsa, Pemadam Api Revolusioner untuk Baterai EV

Pemadam api revolusioner untuk baterai EV merupakan terobosan terbaru dari perusahaan anak bangsa.--ANTARA/Pamela Sakina

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Satu lagi terobosan terbaru dari perusahaan anak bangsa, pemadam api revolusioner untuk baterai EV.

PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) sebagai distributor eksklusif produk pemadam api "Lithium Fire Killer" (LFK) Hartindo AF31, memperkenalkan solusi inovatif bagi sepeda dan motor listrik.

Pemadam api revolusioner untuk baterai EV ini diperkenalkan pertama kali di Periklindo Electric Vehicle Show (PEVS) 2024, di JIEXPO, Kemayoran, Jakarta.

"Kami berkomitmen mencari solusi terbaik untuk mengurangi risiko kebakaran yang disebabkan oleh baterai litium, bahan utama dalam kendaraan listrik (EV). Oleh karena itu, kami bangga mempersembahkan inovasi terbaru kami," kata CEO FAST, Willy Hadiwijaya, dikutip antaranews.com, Minggu, 5 Mei 2024.

BACA JUGA:Demi Kesehatan Jangka Panjang, Ini Dia 5 Makanan Olahan yang Perlu Dibatasi Konsumsinya

Selain APAR "Lithium Fire Killer" (LFK) Hartindo AF31 yang telah diperkenalkan sebelumnya, perusahaan ini juga memperkenalkan sistem pencegah kebakaran baru khusus untuk kendaraan roda dua.

Teknologi yang memanfaatkan "Lithium Fire Killer" (LFK) Hartindo AF31 ini dipasang langsung pada baterai kendaraan, dan dijamin mampu memadamkan api dengan cepat saat terjadi kebakaran.

Willy menjelaskan bahwa kendaraan listrik membutuhkan APAR khusus karena api dari baterai litium memiliki karakteristik tertentu, dengan suhu yang sangat tinggi mencapai 1.000 hingga 2.000 derajat Celsius.

Selain itu, media pemadam seperti bubuk atau air tidak efektif untuk memadamkan api kendaraan listrik karena api dari baterai litium dapat terus menyala bahkan jika direndam dalam air.


Produk pemadam api “Lithium Fire Killer” (LFK) Hartindo AF31 PT Famindo Alfa Spektrum Teknologi (FAST) yang dipasangkan langsung pada motor listrik.--ANTARA/Pamela Sakina

BACA JUGA:Dampak Erupsi Gunung Ruang di Sulawesi Utara, Penutupan Bandara Samrat Diperpanjang

Dalam hal ini, diperlukan perlakuan khusus untuk mengatasi lonjakan suhu yang disebabkan oleh baterai litium, yang dikenal sebagai "thermal runaway".

Dengan bahan lokal berkualitas tinggi, "Lithium Fire Killer" (LFK) Hartindo AF31 sebagai produk lokal telah dipatenkan oleh perusahaan ini dan diakui sebagai pemadam api baterai litium paling efektif di dunia.

Produk ini juga telah memperoleh sertifikasi internasional setelah diuji di berbagai negara, membuktikan kemampuannya dalam menghentikan "thermal runaway" dan mencegah kebakaran ulang baterai litium.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: