HONDA

Wow! Ternyata Begini Resep Bikin Es Dawet yang Lezat dan Anti Gagal

Wow! Ternyata Begini Resep Bikin Es Dawet yang Lezat dan Anti Gagal

Wow! Ternyata Begini Resep Bikin Es Dawet yang Lezat dan Anti Gagal--Instagram/kumpulanresepmasak

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Wow! Ternyata Begini Resep Bikin Es Dawet yang Lezat dan Anti Gagal.

Es dawet merupakan produk minuman tradisional warisan dari nenek moyang bangsa Indonesia yang berkembang hingga saat ini.

Es dawet ialah minuman perpaduan dari campuran air gula aren, santan dan cendol yang diberikan es batu hingga makin nendang saat diminum.

Es Dawet sendiri sejarahnya berasal dari Jabung Ponorogo yang merupakan minuman bercita rasa manis dan gurih, untuk suku Jawa minuman ini sering digunakan dalam acara adat.

Diantaranya acara pernikahan, acara sunatan, acara tedak sinten dan acara syukuran lainnya yang menghadirkan es dawet sebagai jamuan untuk undangan yang datang ke acara tersebut.

BACA JUGA:Ketahui Alasan Anak Lebih Cenderung Menyukai Makanan dan Minuman yang Berwarna-warni

Hingga saat ini es dawet berkembang pesat di seluruh wilayah Jawa dan hampir semua wilayah Indonesia terdapat minuman satu ini sampai berada di luar negeri kelezatan dari es dawet.

Pada sejarahnya kesultanan Demak khususnya Raden Fatah menyukai sekali minuman es dawet ini sehingga menjadi minuman keseharian yang harus ada di keraton kesultanan Demak pada masanya.

Karena ada pengaruh agama Islam dimana Rasulullah sangat menyukai warna hijau sehingga awalnya cendol dalam es dawet itu berwarna bening namun diubah menjadi hijau hingga saat ini.

Begini resep dan cara pembuatan es dawet yang lezat hingga anti gagal dalam pengaplikasiannya:

Bahan-bahan pembuatan cendol:

BACA JUGA:4 Ide Resep Kue Cubit Lumer di Mulut dan Nikmat

- 50 gram tepung sagu

- 75 gram tepung beras

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: