BANNER KPU
HONDA

Jalan Kota Padang Menuju Bukit Tinggi Terputus, Cafe Xakapa Tidak Bersisa Diterjang Lahar Dingin

Jalan Kota Padang Menuju Bukit Tinggi Terputus, Cafe Xakapa Tidak Bersisa Diterjang Lahar Dingin

Jalan Kota Padang Menuju Bukit Tinggi Terputus, Cafe Xakapa Tidak Bersisa Diterjang Lahar Dingin--Instagram/shabil.trainingcentre

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Akibat banjir bandang dipastikan jalan Kota Padang menuju Bukit Tinggi terputus, termasuk cafe Xakapa tidak bersisa diterjang lahar dingin, 11 Mei 2024 malam.

Beredar di sosial media terlihat banjir bandang dari lahar dingin terjadi sehingga menyebabkan jalan putus di daerah air terjun Lembah Anai sehingga banyak yang mempertanyakan cafe Xakapa.

Cafe tersebut terletak didaerah dekat air terjun Lembah Anai yang terputus sehingga banyak sekali netizen yang menyayangkan karena disanalah tempat para pengendara istirahat menikmati alam indah.

Namun, karena banjir lahar dingin ini membuat semua akses dan fasilitas semuanya rusak, belum lagi listrik mati total akibat dari kejadian sehingga tidak bisa melewati jalan tersebut.

BACA JUGA:Gunung Marapi Muntahkan Lahar Dingin Pasca Erupsi Beberapa Hari

Tentunya duka untuk Sumatera Barat akibat dari banjir lahar dingin ini menyebabkan akses transportasi terutama tidak dapat dilewati oleh sebagian dari pengendara untuk melaju ke Bukit Tinggi begitu sebaliknya.

Begini penjelasan dari Polres Padang Pariaman dikutip dalam website Antara pada 13 Mei 2024 yang membenarkan bahwa akses jalan tersebut tidak bisa dilalui oleh banyak kendaraan.

"Dipastikan jalan lembah anai terputus sehingga masyarakat tidak bisa melewati air terjun untuk akses jalan dari Padang Pariaman atau Kota Padang menuju Bukit Tinggi," kata Kapolres Padang Pariaman AKBP Ahmad Faisol.

Kejadian ini menjadi luka mendalam bagi masyarakat Sumatera Barat yang terkena dampak yang besar dalam meletusnya gunung Marapi yang sering terjadi beberapa waktu yang lalu.

BACA JUGA:Kisah Tugu Abel Gunung Marapi Sumbar, Tragedinya Terulang Setelah 31 Tahun

Hal ini dilantar belakangi oleh banjir lahar dingin disejumlah titik ditambah lagi hujan deras sehingga berimbas pada ruas jalan nasional tepatnya disekitar air terjun Lembah Anak dan cafe Xakapa.

Tepatnya di Kabupaten Tanah Datar jalan amblas dan terputus, banyak konten kreator yang memberikan informasi di wilayah sekitar air terjun Lembah Anai sehingga membuat kesedihan yang mendalam.

Mengingat banyak sekali orang yang sudah melalui daerah tersebut dan menikmati keindahan air terjun Lembah Anai yang membuat duka mendalam atas perkembangan yang terjadi.

Kapolres Padang Pariaman juga memberikan peringatan kepada pengendara untuk melalui jalur kelok 44 atau Danau Maninjau Kabupaten Agam sehingga akses transportasi bisa dialihkan ke sana.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: