BANNER KPU
HONDA

Malam Puncak Waisak, Lampion Penuhi Langit Indah Candi Borobudur

Malam Puncak Waisak, Lampion Penuhi Langit Indah Candi Borobudur

Malam Puncak Waisak, Lampion Penuhi Langit Indah Candi Borobudur--Instagram/wonderfuljogja

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Malam puncak Waisak 2568 BE, lampion penuhi langit indah Candi Borobudur yang merupakan gelaran dari perayaan hari raya Waisak.

Festival lampion ini merupakan prosesi dari puncak acara yang berlokasi di lapangan Marga Utama Candi Borobudur, sehingga banyak sekali hingga ratusan lampion memenuhi langit Candi Borobudur.

Lampion-lampion ini diterbangkan sebagai bentuk kemeriahan dari hari raya Waisak yang diprakarsai oleh Majelis Agama Buddha Mahanikaya Indonesia atau MBMI.

Perayaan Waisak 2568 BE bertepatan di hari Kamis 23 Mei 2024, pada pukul 20.00 WIB sebelum lepas lampion tersebut para umat Buddha melakukan sesi meditasi terlebih dahulu.

BACA JUGA:Pengamat: Propam Polri Harus Turun Tangan Audit Investigasi Kasus Vina Cirebon

Meditasi ini dibimbing oleh Bhikku Sangha dengan para umat Buddha yang mengikuti kegiatan tersebut di lapangan utama Candi Borobudur Magelang Jawa Tengah. Dimana sebelumnya para biksu sudah berkumpul di sana.

Sebelumnya ada sekitar 40 biksu yang datang ke Candi Borobudur secara beramai-ramai untuk memeriahkan hari Waisak dan malam puncak peringatan hari Waisak tersebut.

Tak hanya umat Buddha saja yang ikut meramaikan pelepasan lampion yang menjadi festival malam puncak Waisak, para masyarakat pun dapat ikut melaksanakan kegiatan tersebut.

Tahun 2024 ini yang menjadi tema waisak nasional yakni "Untuk hidup bahagia sebagai makhluk dan manusia marilah kita meningkatkan kesadaran yang diajarkan oleh Sang Buddha".

BACA JUGA:Oppo A60 dengan Standar Militer Kini Tersedia untuk Pembelian Offline, Segini Harganya

Dengan subtema yang menjadi bagian dari tema nasional 2024 ya ini hindarilah keserakahan dunia, kebodohan, kemarahan dan kebencian. Hal inilah yang menjadi subtema untuk tahun ini.

Acara Puncak Festival malam waisak tersebut ketika mulai akhir acara sekitar pukul 22.30 WIB terlihat gerimis sudah mengguyur Candi Borobudur namun kegiatan tetap berlangsung dengan baik.

Sebelumnya Candi Borobudur yang melalui Instagram Borobudur Park mengundang para masyarakat untuk berpartisipasi dalam acara puncak pelepasan lampion ini.

Di sana terlihat keterangan-keterangan jelas yang dapat diikuti oleh para masyarakat yang mau berpartisipasi mengikuti malam puncak pelepasan lampion dalam memperingati hari raya waisak.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: