HONDA

10 Fakta Penting untuk Mata Katarak, Begini Kata Ahli

10 Fakta Penting untuk Mata Katarak, Begini Kata Ahli

10 Fakta Penting untuk Mata Katarak, Begini Kata Ahli--Youtube/kalbemed

BENGKULU, RAKYATBENGKULU - Berikut ini 10 fakta penting untuk mata katarak menurut ahli yakni dokter Nugroho Nitiyoso dalam akun youtube Kalbemed.

Dokter tersebut memberikan informasi mengenai penyebab, gejala dan cara mengatasi terjadinya penyakit katarak ini sehingga dapat melakukan beberapa tindakan.

Berikut ini 10 fakta penting untuk mata katarak menurut ahli yakni dokter Nugroho Nitiyoso yang dibahas melalui akun media sosial, yakni:

1. Penyebab Katarak

Dimana penyakit ini disebabkan karena mata menjadi keruh sehingga penglihatan menjadi kabur, disebabkan lensa mata digunakan untuk memfokuskan cahaya ke retina akibatnya bayangan menjadi buram.

BACA JUGA:Mata Tiba-tiba Kabur, Apa Penyebabnya? Begini Penjelasan dari Ahli

Untuk lensa mata menjadi keruh disebabkan adanya kerusakan pada protein mata, itulah mengapa menyebabkan mata menjadi katarak.

2. Gejala mata katarak

Untuk gejala katarak itu sendiri menyebabkan penglihatan menjadi kabur, seperti ada kabut atau asap yang menghalangi pandangan mata. Selain itu akan ada terlihat warna lebih pucat dan kekuningan.

Bisa jadi pasien dapat melihat Halo yaitu suatu cincin cahaya yang melingkari sumber cahaya terang misalnya lampu atau matahari yang mana menjadi gejala dari penyakit katarak.

3. Katarak penyebab kebutaan

Menurut WHO katarak merupakan penyebab kebutaan nomor 1 yang paling banyak terjadi di dunia, diperkirakan 94 juta orang secara global mengalami kebutaan akibat dari katarak.

BACA JUGA:Tak Cuma Jaga Kesehatan Mata, Ternyata Ini Deretan Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan Tubuh

Hal ini sangat disayangkan karena katarak sendiri dapat dicegah dan diatasi sehingga pasien dapat melihat kembali dengan normal dari tindakan yang cepat dilakukan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: