BANNER KPU
HONDA

Kisah Aria Wiraraja, Sukses Memprovokasi Kerajaan Singhasari dan Kerajaan Kediri serta Melenggang Menjadi Raja

Kisah Aria Wiraraja, Sukses Memprovokasi Kerajaan Singhasari dan Kerajaan Kediri serta Melenggang Menjadi Raja

Sukses memprovokasi Kerajaan Singhasari dan Kerajaan Kediri serta melenggang menjadi raja, inilah kisah dari Aria Wiraraja.--Bing.com/Hendri/Rakyatbengkulu.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Diketahui Aria Wiraraja merupakan orang yang memprovokasi Jayakatwang untuk melakukan pemberontakan terhadap kerajaan Singhasari hingga kerajaan Singhasari pun akhirnya runtuh. 

Aria Wiraraja juga merupakan orang yang memprovokasi Raden Wijaya untuk menuntut balas kepada Jayakatwang atas runtuhnya kerajaan Singasari, dan Jayakatwang pun kemudian tewas terbunuh. 

Adapun 2 langkah politik Aria Wiraraja itu terbilang cukup sukses tanpa hambatan, dan atas kesuksesannya di dalam mengadu domba demi tujuannya tersebut, tokoh ini boleh dibilang lebih hebat dari Sengkuni. 

Dan pada kemudian hari atas kesuksesan 2 langkah politiknya tersebut, dia melenggang bebas menjadi Raja namun kecerdikan dan kelicikannya di dalam politik itu ternyatanya makan tumbal, karena Ranggalawe yang merupakan anaknya sendiri tewas mengenaskan.

BACA JUGA:Strategi Rampas Kekuasaan dan Pelarian Raden Wijaya ke Madura, Raja Pertama Majapahit

BACA JUGA:Salah Satu Tokoh Pendiri Kerajaan Majapahit yang Memberontak dan Berakhir Tragis

Diketahui kisah mengenai tokoh yang disebut Aria Wiraraja ini dikisahkan di dalam berbagai sumber sejarah, diantaranya Naskah Pararaton,dan Babad Manik Angkeran.

Berdasarkan naskah Pararaton disebutkan nama kecil atau nama asli dari Aria Wiraraja ialah Banyak Wide, sejak kecil Banyak Wide ini dikisahkan memiliki kecerdasan di atas rata-rata, dan pada saat dewasa dia dikenal karena kecerdikannya di dalam mengatur siasat perang.

Dalam naskah Pararaton mencatat kalau Banyak Wide adalah anak tertua di nangka, dan menjadi Abdi Kertanegara yang pada saat itu menjabat sebagai Raja Singasari.

Untuk asal-usul Wiraraja ini terdapat beberapa perbedaan antar penulis sejarah, dimana terdapat 3 versi yang menyebutkan tempat kelahiran Aria Wiraraja, Versi pertama yaitu menyatakan kalau Aria Wiraraja atau Banyak Wide ini lahir di Karang Nangkan Reberu Sumenep. 

BACA JUGA:Jayanagara, Raja Kerajaan Majapahit Yang Paling Dibenci

BACA JUGA:Kisah Minak Jinggo yang Dikhianati Ratu Kerajaan Majapahit

Untuk versi kedua sebagaimana yang disebutkan di dalam babad Manik Angkeran disebutkan kalau Banyak Wide ini lahir di Besakih Rendang Bali. 

Sedangkan untuk versi ketiga disebutkan kalau Banyak Wide ini lahir di Nangkaan, Ranu Pakis Klakah Kabupaten Lumajang.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: