BANNER KPU
HONDA

Harga Baru Pembelian TBS Sawit di Bengkulu Rp2,33 Ribu per Kilogram, Petani Diminta Panen Buah Masak

Harga Baru Pembelian TBS Sawit di Bengkulu Rp2,33 Ribu per Kilogram, Petani Diminta Panen Buah Masak

Harga Baru Pembelian TBS Sawit di Bengkulu Rp2,33 Ribu per Kilogram, Petani Diminta Panen Buah Masak--Foto Antaranews.com

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bengkulu melalui Dinas Tanaman Pangan, Hortikultura, dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu telah menetapkan harga baru untuk pembeli tandan buah segar (TBS) kelapa sawit periode Juni 2024.

Adapun harga baru untuk pembeli TBS kelapa sawit di Bengkulu ini yakni sebesar Rp2,33 ribu per kilogramnya.

Harga tersebut ditetapkan karena kualitas buah menurun akibat cuaca yang tidak menentu.

"Penentuan harga TBS kelapa sawit di Provinsi Bengkulu sudah kami rapatkan dan masih di harga Rp2,33 ribu per kilogram dan akan stabil pada bulan ini (Juni, red)," kata Kepala Bidang Perkebunan Dinas Tanaman Pangan Hortikultura dan Perkebunan (DTPHP) Provinsi Bengkulu, Bickman dikutip antaranews.com.

BACA JUGA:3 Resep Olahan Kepala Kambing yang Menggiurkan, Ada Gulai hingga Tongseng

BACA JUGA:Batas Aman Konsumsi Daging Saat Iduladha untuk Mencegah Hipertensi Menurut Pakar Gizi

Ditambahkan Bickman, penetapan harga beli tersebut telah sesuai dengan Peraturan Menteri Pertanian Republik Indonesia Nomor: 01/PERMENTAN/KH. 120/1/2018 tentang Pedoman Penetapan Harga Pembelian Tandan Buah Segar Kelapa Sawit Produksi Perkebunan.

Serta sesuai dengan Peraturan Gubernur Bengkulu Nomor: 64 Tahun 2018 Tentang Pedoman Pelaksanaan Penetapan Harga Pembelian TBS Kelapa Sawit Produksi Pekebun di Provinsi Bengkulu.

Penetapan harga terbaru TBS ini, hanya berlaku di tingkat pabrik dan tidak berlaku bagi tengkulak serta pelaku usaha ram.

Dengan telah ditetapkannnya harga baru beli TBS ini, DTPHP Provinsi Bengkulu ini akan terus melakukan pemantauan harga sampai akhir Juni 2024.

BACA JUGA:Umbut Kelapa Superfood yang Perlu Kamu Coba, Banyak Manfaatnya

BACA JUGA:Inspirasi Desain Rumah Tipe 85 Kekinian yang Banyak Disukai Keluarga Muda

Pemantauan ini dilakukan guna memastikan penetapan harga beli TBS di tingkat pabrik yang telah sesuai dengan ketentuan yang telah ditetapkan.

Bickman mengatakan ada di Bengkulu ada empat wilayah yang menjadi daerah penghasil TBS kelapa sawit terbesar di Provinsi Bengkulu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: