HONDA

ESTO Perusahaan Transportasi, Cikal Bakal PO Bus di Indonesia

ESTO Perusahaan Transportasi, Cikal Bakal PO Bus di Indonesia

ESTO Perusahaan Transportasi, Cikal Bakal PO Bus di Indonesia--Facebook.com/YusufHarianto

BACA JUGA:Disdikbud Kota Bengkulu Pastikan Seluruh Siswa SD Dan SMP Mendapat Sekolah Meski Tidak Lulus PPDB 2024

Diketahui layanan yang ditawarkan Perusahaan ESTO ini mengikuti permintaan tatanan sosial pada saat itu, yang memisahkan warga Belanda dengan warga Pribumi. 

Adapun generasi pertama bus ESTO ini memiliki kapasitas total 16 sampai 18 penumpang yang termasuk kru. 

Pada bagian depan bus ini berfungsi sebagai ruang kemudi untuk 1 pengemudi dan 1 penumpang. 

BACA JUGA:Pemprov Bengkulu Berupaya Keras Turunkan Angka Kemiskinan di Bawah Rata-Rata Nasional

BACA JUGA:Disperindag Kota Bengkulu Pastikan Ketersediaan LPG 3 Kg Terpenuhi Jelang Festival Tabut 2024

Di bagian tengah diperuntukan sebagai layanan kelas 1 berkonfigurasi kursi nyaman menghadap depan untuk warga Belanda.

Untuk kelas 1 ini berkapasitas 6 penumpang, sementara yang terakhir kelas 2 berkonfigurasi bangku rotan panjang menghadap belakang untuk warga pribumi.

Untuk kapasitas yang mampu disediakan pada kelas 2 ini yaitu sepuluh penumpang. 

Para penumpang membayar tiket jasa transportasi bus ini kepada seorang kondektur yang berdiri di pintu belakang dengan tarif yang tentunya berbeda yaitu 20 sen untuk kelas 1 dan 10 sen untuk kelas 1.

BACA JUGA:Tips Lengkap Freelancing untuk Pemula: Cara Mudah Mendapatkan Uang dari Rumah

BACA JUGA:Pinjaman Bank Bengkulu untuk PPPK, Cek Angsuran Jika Pinjam Rp205 Juta – Rp225 Juta Tenor 5 Tahun

Akan tetapi sayang sekali Perusahaan Transportasi ESTO ini harus mengakhiri pengabdiannya di Nusantara ini terakhirnya pada tahun 2018.

5 tahun sebelum usianya genap menginjak 100 tahun.

Nah itulah tadi cikal bakal atau pelopor perusahaan transportasi atau PO Bus pertama kali di Indonesia, semoga informasi ini bisa bermanfaat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: