BANNER KPU
HONDA

Tips Mengatasi Anak yang Suka Membully, Mulai dari Ajarkan untuk Menghargai Perbedaan

Tips Mengatasi Anak yang Suka Membully, Mulai dari Ajarkan untuk Menghargai Perbedaan

Tips Mengatasi Anak yang Suka Membully, Mulai dari Ajarkan untuk Menghargai Perbedaan--Instagram.com/ galery_anakmuslim

BENGKULU, RAKYATBENGKULU.COM - Cara mengatasi anak yang suka membully tentunya akan cukup sulit.

Perilaku bullying memang sering terjadi pada saat anak mengintimidasi salah satu dari teman-teman yang seusianya lebih lemah, atau memiliki penampilan yang cukup berbeda.

Hal tersebut tentu saja bisa akan terjadi karena anak tidak mampu untuk belajar mengelola rasa marah, sakit hati, frustrasi, atau pun emosi lain yang akan muncul pada dirinya.

Selain itu, tentunya ada kemungkinan anak yang akan membully temannya dipengaruhi oleh orang-orang yang ada di sekitarnya dan bersikap agresif.

Orangtua pun tentu ingin menjauhkan sih buah hatinya dari sifat membully, baik itu secara verbal maupun dengan secara fisik.

BACA JUGA:6 Aturan Menitipkan Anak ke Orangtua, Menghindari Percekcokan

BACA JUGA:LDR dengan Suami, Ibu 3 Anak di Bengkulu Ngaku Edarkan Narkoba untuk Penuhi Kebutuhan Hidup

Kali ini Rakyatbengkulu.com telah merangkum tips mengatasi anak yang suka membully dari berbagai sumber sebagai berikut ini.

-  Ajari Kepada Anak Untuk Menghargai Perbedaan

Dimana pada sebagian kasus, anak yang suka membully temannya yaitu terjadi akibat perbedaan ras, agama, penampilan, hingga dengan nilai status ekonomi.

Cara untuk mengatasi perilaku yang suka membully tersebut, para orangtua harus mengajarkan anak untuk bisa memahami antara perbedaan. Sehingga dengan begitu, anak bisa lebih menghargai orang lain.

Nah sebagai contohnya, orangtua juga dapat memberitahukan bahwa dengan mengejek seseorang, baik itu karena penampilan, kondisi fisik, atau pun dengan status ekonomi, adalah merupakan tindakan yang sangat buruk.

- Kembangkan Rasa Empati

Dengan mengasah rasa empati tentu bisa menjadi tameng pada anak supaya tidak membully teman-temannya, empati adalah kemampuan untuk menempatkan diri pada posisi orang lain dan juga memahami emosi dari perasaan orang lain tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: